Ini Dia 7 Kebiasaan Buruk Menjelang Hari Raya Lebaran

Ramadhan adala bulan dimana kita haru berlomba - lomba memperbanyak ibadah kita, karena di bulan tersebut banyak sekali pahala yang diberikan kepada umat Islam yang rajin melaksanakan ibadah, walaupun itu ibadah sunnah namun pahala yang didapatkan bisa berlipat ganda di bulan tersebut. Di akhir bulan ramadhan pun kita akan bertemu dengan hari raya Lebaran yang sangat dinanti - nanti oleh umat Islam di setiap penjuru dunia, karena di hari tersebut kita akan dibersihkan dari dosa - dosa bersih seperti bayi yang baru lahir. Namun ada beberapa kebiasaan yang bisa merugikan umat islam pada saat akan menjelang hari raya Lebaran, apa saja kebiasaan tersebut, di bawah ini ada penjelasannya untuk anda.

1. Malas
Malas
Ketika kita sudah berada di setengah jalan pada bulan ramadhan atau tinggal menghitung hari lagi ke hari raya Lebaran, beberapa orang akan merasa malas untuk melakukan apapun, persaan malas bisa menyerang kita kapan saja dan imbasnya pekerjaan atau ibadah kita menjadi berantakan. Jadi ada baiknya rasa semangat anda pertahankan sampai hari raya Lebaran nanti, bereskan anda pekerjaan anda sebelum hari raya tersebut agar pada waktu Lebaran anda bisa bebas dan silaturahmi dengan keluarga dan teman pun bisa berjalan dengan lancar.

2. Buka Bersama Teman - Teman 
Buka Bersama Teman - Teman
Ketika puasa sebentar lagi akan berakhir, biasanya orang Indonesia akan mendadak mempunyai jadwal berbuka puasa bersama teman - teman lama, atua yang sering kita sebut dengan bukber. Di sisi lain hal tersebut sangat berguna sekali selain bisa melepas rindu dengan teman, secara tidak langsung anda sudah mempererat silaturahmi dengan teman lama anda. Namun di sisi lain ada hal negatif dari acara tersebut, salah satunya adalah ibadah anda mungkin bisa terganggu karena keasikan mengobrol dengan teman seperti kelewatan shalat maghrib, isya, dan shalat tarawih. Beberapa orang beralasan akan menunda shalat tersebut, namun jika keseringan menunda juga tidak baik untuk kedepannya.

3. Belanja
Belanja
Menjelang hari raya Idul Fitri masyarakat Indonesia memiliki kebiasan yang cukup unik dan sudah melekat mungkin dengan orang - oranya, yaitu membeli baju baru dan juga kue - kue beraneka ragam. 10 hari menjelang hari raya Lebaran jalan - jalan di beberapa kota di Indonesia akan penuh dengan orang - orang yang sibuk berbelanja untuk kebutuhannya pada hari kemenangan. Sedikit mungkin orang yang tahu tentang 10 hari terakhir dari puasa yaitu malam Lailatul Qadar dimana umat Islam terbebas dari api panasnya neraka. Jadi pada intinya jangan berlebihan ketika berbelanja, usahakan yang di butuhkan saja jika membeli barang, dan sekedar tips saja anda bisa membeli barang - barang keperluan Lebaran jauh - jauh hari dari hari raya Lebaran.

4. Jalan - Jalan & Nongkrong
Jalan - Jalan & Nongkrong
Hampir sama dengan bukber, beberapa orang yang sudah bukber mungkin selanjutnya mereka akan nongkrong dan jalan - jalan sampai laur malam, secara tidak langsung anda sudah meninggalkan beberapa ibadan wajib dan sunnah yang mestinya anda kerjakan sesudah berbuka puasa. syukur jika anda tidak lupa akan hal tersebut walaupun kumpul - kumpul bersama jalan, kewajiban beribadah pun tetap jalan. Namun jika sebaliknya anda tidak mengerjakan ibdah, bukan mendapatkan keberkahan di bulan yang suci ini, malah mendapatkan dosa.

5. Mudik
Mudik
Selain membeli baju lebaran dan juga makanan ketika akan masuk ke hari raya Lebaran, kebiasaan lain yang sudah melekat dengan Orang Indonesia adalah mudik, dimana orag - orang yang merantau jauh dari rumahnya pulang kembali untuk menemui keluarganya untuk silaturahm dan temu kangen dengan beberapa saudara di kampung halamannya. Nah ketika mudik apalagi yang jaraknya jauh, mungkin anda membutuhkan beberapa hari di jalan untuk sampai ke kampung halaman, usahakan ketika di jalan beberapa ibadah yang wajib anda kerjakan seperti shalat 5 waktu atau hal lainya, karena tidak banyak orang yang selalu kecolongan dan bolong shalat 5 waktunya pada saat mudik.

6. Pamer Atau Sombong
Pamer Atau Sombong
Mungkin ini masih berlanjut dari poin - poin yang diatas terutama pada saat belanja membeli baju baru. Terkadang sebagai manusia kita sering ada rasa ingin menunjukan atau show off pada seseorang apalagi ke teman atau keluarga yang sebelumnya meremehkan anda. Mungkin ini adalah salah satu alasan pahala anda akan berkurang di dalam bulan suci ini, walaupun anda sebelumnya di remehkan oleh orang lain atas apa saja namun di kemudian hari anda bisa atau berhasil malahan lebih dari teman atau keluarga kamu yang tadi meremehkan ada baiknya jangan show off atau jangan menunjukan bahwa anda bisa lebih dari si dia. Sombong adalah salah satu dosa yang sangat berat apalagi jika dilakukan di bulan suci seperti sekarang ini.

7. Salah Mengatur Finansial
Salah Mengatur Finansial
Mungkin tips yang satu ini masih ada hubungannya dengan belanja pada saat Lebaran, seperti yang kita tahu pada saat akan masuk ke bulan puasa beberapa bahan pokok makanan atau barang lain menjadi naik hal ini bisa saja merusak finansial anda yang dimana anda mungkin anda sudah mempunyai rencana pada saat sesudah puasa ini atau pada saat puasa beres dan sudah merayakan Lebaran anda akan pergi berlibur. Jika harga banyak yang naik ada baiknya anda lebih giat dan menyimpan uang sedikit demi sedikit dibulan Ramadhan karena tidak jarang budget untuk liburan Lebaran akan lebih besar walaupun sudah dipersiapkan.

Mungkin itu tadi beberapa godaan pada waktu menjelang hari raya Lebaran, sepatunya kita menjaga kesuciaan kita dari segala hal yang membatalkan atau membuat pahala kita berkurang pada waktu puasa sampai hari raya akhir nanti. Beberapa orang dan anda pun mungkin saja mengalami hal seperti daitas tadi, jadi ada baiknya perbaiki kali ini di bulan puasa yang sekarang anda jalani, jadikan cerminan bulan puasa tahun lalu yang mungkin saja anda banyak melakukan kesalahan. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

0 Response to "Ini Dia 7 Kebiasaan Buruk Menjelang Hari Raya Lebaran "

Posting Komentar