Ini Dia 10 Tipe Siswa di Yang Sering Kita Jumpai di Kelas

Belajar adalah sebuah proses dimana orang mempelajari sesuatu untuk bekal hidup di dunia dan di akhirat nanti, belajar sendiri tidak terpaku dengan usia jika masih mempunyai keinginan untuk belajar usia pun tidak akan menjadi halangan. Jika berbicara dengan belajar pasti di pikiran anda adalah siswa yang sedang bersekolah dengan seragam - seragam yang rapih. Orang tua mempunyai alasan tersendiri kenapa anaknya harus belajar dan di sekolahkan, salah satunya adalah agar mereka bisa sukses di masa depannya dan dengan bersekolah juga setidaknya attitude dan tatakrama bisa lebih baik lagi, walaupun pada dasarnya orang tua sudah memberikan dan mengajarkan tatakrama yang bagus pada anaknya.
Ini Dia 10 Tipe Siswa di Yang Sering Kita Jumpai di Kelas
Namun terkadang ada saja siswa yang tidak bersuungguh - sungguh dalam belajar di sekolahnya karena faktor internal atau juga external, nah di bawah ini ada beberapa tipe atau juga jenis siswa yang sering kita jumpai di kelas dan di sekolah.

1. Study Holic
Tipe siswa ini biasnaya selalu memperhatikan guru pada saar mengajar, mata dan perhatiannya tertuju terus pada guru yang sedang menjelaskan materi, dan jika anda kebetulan sebangku dengan tipe siswa ini biasanya susah sekali untuk di ajak becanda, karena yang ada di dalam pikiran hanya belajar - belajar. Kalaupun bisa diajak becanda mungkin tidak akan lama dan tidak bisa selucu dengan teman - teman lain di kelas anda, terkadang tipe siswa ini juga agak susah untuk di ajak berkompromi seperti meminta menerangkan kembali pelajaran yang agak susah. Namun tidak semua siswa yang bertipe study holic pelit menshare ilmunya, ada juga yang baik dan bisa diajak berdiskusi soal palajaran ke teman - temannya.

2. Aktivis
Ini adalah tipe siswa yang hanya menyukai beberapa pelajaran yang ada di sekolahnya, dan untuk pelajaran yang dia tidak suka atau biasa - biasa saja, mereka tidak akan memikirkannya secara serius. Namun unutk bagian pelajaran yang mereka suka, biasanya para siswa tipe ini akan memperhatikan dengan baik dan belajar sungguh - sungguh, dan terkadang ketika nilai dari pelajaran yang mereka suka turun, siswa aktivis akan belajar lebih sungguh - sungguh lagi walaupun harus bersaing dengan tipe siswa pinter di sekolahnya.

3. Gadangman
Mungkin ini adalah tipe siswa yang tidak boleh anda tiru, ciri - ciri siswa ini biasanya di pagi hari adalah mata merah, mata panda, atau juga terkadang ada belek di area matanya. Tipe siswa ini biasanya mempunyai jam malam yang teralu banyak di bandingkan dengan siswa normal, yang biasanya sudah tidur jam 9 atau jam 10. Namun di siswa gadangman waktu jam tersebut bukan jam untuk tidur, tapi jam tersebut masih jam pagi dan dipakai untuk bermain dengan teman temanya. Atau juga alasan lain kenapa siswa ini sering tidur di kelas adalah karena ada hobi yang memang di kerjakan pada malam hari, seperti nonton bola atau juga main game sampai larut malam.

4. Penulis
Mungkin ini adalah tipe siswa yang bisa anda tiru ketika sulit untuk menelaah palajaran yang disampaikan oleh guru, tipe siswa ini biasanya akan mencatat apa yang sekiranya penting pada saat guru menerangkan di depan. Terkadang siswa penulis sering di manfaat oleh siswa - siswa pemalas yang jarang memperhatikan guru, dan pada saat guru akan memeriksa catatan siswa. Pasti si siswa penulis akan menjadi sasaran oleh mereka.

5. Painter
Tipe pelajar atau siswa ini mempunyai ciri di dalam bukunya yaitu mempunyai gambar - gambar abstrak. Tidak hanya di dalam bukunya saja, di beberapa bagian di kelas seperti bangku, tembok, atau juga di bor akan menjadi sasaran oleh siswa painter ini. Untuk kedepanya siswa seperti ini bagus sekali untuk masuk ke jenjang perkuliahan jurusan kesenian karena bakat dari siswa tersebut sudah mulai terlihat. Namun terkadang siswa yang suka ngegambar ini ada juga yang tidak terlalu interest pada pelajaran, atau jarang menyimak guru pada saat menerangkan, mereka malah asik menggambar di buku.

6. Cunghandman
Untuk tipe pelajar ini mungkin bisa anda tiru sifat dan cara belajar di kelas, karena tipe pelajar ini selalu aktif di kelas dan selalu menanyakan pelajaran yang memang tidak dimengerti dan belum jelas kepada guru sewaktu KBM sedang berlangsung. Siswa cunghandman juga sangat aktif ketika ditanya oleh guru, berbanding terbalik dengan siswa yang takut ditanya soal pelajaran oleh guru, pada saat persentasi juga siswa tipe ini sangat aktif menjawab pertanyaan - pertanyaan dari teman dan juga menjelaskan secara detail tentang materi yang dia pegang. Untuk anda yang ingin sukses dalam pelajaran atau di kelas, mungkin tipe siswa ini bisa anda jadikan teman atau juga bisa di jadikan contoh belajar ketika di kelas.

7. WC Holic
Entah kenapa siswa tipe ini memiliki ketertarikan dengan toilet atau yang sering kita sebut dengan WC, terkadang ketika guru menerangkan sesuatu, tiba - tiba siswa ini permisi untuk ke toliet dengan alasan tertentu entah itu takut karena belum mengerjakan pr, atau juga takut akan ada razia. Dan biasanya siswa WC Holic mempunyai durasi tersendiri untuk berlama - lama di toilet, dan terkadang toilet bisa menjadi senjata andalan siswa ini pada saat ulangan atau ujian, dengan permisi ke WC dia mempunyai kesempatan waktu untuk membuka ponsel untuk browsing soal yang susah pada saat ujian atau ulangan berlangsung. Dan untuk para siswa bagusnya jangan tiru kebiasaan WC Holic ini.

8. Cheater
Untuk yang terakhir ini adalah siswa yang memang jangan anda tiru sifatnya, dia biasanya jarang untuk memperhatikan guru yang sedang menerangkan pelajaran di depan kelas. Tipe siswa ini jarang sekali belajar, karena kebiasaan mereka yang selalu nyontek dan beranggapan kalau pada saat ulangan sudah mempunyai patner untuk bisa di contek. Sisi negatif dari orang ini adalah menggantungkan dirinya kepada orang lain berharap orang tersebut memberikan jawabannya kepada siswa tipe ini. Dan terkadang ada juga tipe siswa cheater ini memaksa siswa lain untuk memberikan jawabannya dan tidak segan untuk melukai jika tidak diberikan jawaban pada saat ujian.

9. Tukang Tidur
Mungkin di beberapa kelas di sekolah anda ada teman anda yang hobi sekali dengan tidur, baik itu pada saat pelajaran pertama, pertengahan atau juga diakhir pelajaran, siswa atau anak yang suka sekali tidur pada saat KBM berlangsung biasanya mempunyai rasa belajar yang sangat rendah sehingga dia bosan dan memilih tidur dari pada mengerjakan atau mendengarkan guru menerangkan. Selain itu juga bisa jadi dia mempunyai pekerjaan yang cukup banyak pada malam hari seperti membantu orang tuanya dagang atau melakukan hal lain sehingga dia ngantuk pada pagi hari atau siang hari.

10. Musisi Kelas
Tipe siswa selanjutnya yang sering kita temui di kelas yaitu tipe musisi, walaupun suaranya yang pas - pasan namun tetap dia akan bernyanyi di setiap saat terutama pada saat jam istirahat. Pada dasarnya dia tidak sendiri biasanya tipe musisi kelas ini ditemani dengan beberapa siswa lain atau temannya sendiri yang dimana temannya mempunyai tugas untuk menjalankan instrumen yaitu meja. Musisi kelas ini bisa dikatakan band dadakan di dalam kelas terkadang bisa menjadi tontonan yang bagus ketika kita sedang stress karena ada ujian atau banyak tugas. Di sisi lain terkadang siswa tipe ini bisa menjadi pusat kebisingan ketika kita akan konsentrasi mengerjakan sesuatu.

Mungkin itu tadi beberapa tipe siswa yang sering kita temui di kelas, tidak dipungkiri juga mungkin diantara 8 tipe siswa diatas, ada diantaranya teman anda atau juga anda sendiri. Tidak masalah jika tipe positif yang ada di dalam diri anda, namun jika anda mempunyai tipe yang negatif ada baiknya hilangkan hal tersebut, karena lambat laun hal yang negatif seperti yang ada diatas tadi bisa mengganggu belajar anda di kelas, dan juga bisa saja merusak dan menghancurkan cita - cita anda yang belum tercapai.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap orang pasti mempunyai sifat dan pikiran yang berbeda - beda, oleh karenanya anda harus berusaha untuk menyesuaikan situasi dan kondisi di kelas agar materi yang di ajarkan dan disampaikan oleh guru bisa di resap dan bisa didapat dengan baik, atau boleh bisa anda catat agar tidak lupa dan bisa dijadikan materi untuk hapalan jika nantinya ada ulangan atau ujian. Selain itu selalu menjadi siswa yang aktip dan juga tertib adalah salah satu ciri siswa yang bisa sukses di sekolah, karena guru akan cepat memperhatikan anda jika anda menonjol di kelas. Guru sendiri akan mengingat dua tipe siswa di dalam kelas, yang pertama siswa pintar, dan yang kedua siswa nakal. 

0 Response to "Ini Dia 10 Tipe Siswa di Yang Sering Kita Jumpai di Kelas"

Posting Komentar