Ini Dia 11 Tipe Guru Yang Biasanya Kita Temui di Kelas

Semua orang setuju selain orang tua pahlawan yang bisa kita banggakan adalah seorang guru, guru bisa di ibaratkan seorang ibu kedua bagi muridnya. tanpa dia mungkin kita tidak bisa sepintar sekarang, walaupun pada dasarnya manusia bisa belajar sendiri dengan menggunakan media pada zaman sekarang seperti buku atau internet, namun posisi guru di sekolah tidak bisa di gantikan dialah yang meluruskan kita pada saat kita salah dalam menelaah sebuah materi. Namun yang namanya guru sama saja dengan manusia biasa, selalu ada saja kesalahan yang dia perbuat baik itu terlihat oleh orang lain atau juga tertutupi. Sifatnya pun berbeda - beda dengan guru lain ada guru yang baik dan juga ada guru yang agak galak, kalau siswa sering menyebutnya dengan guru killer. Namun pada dasarnya di balik ke galakannya guru seperti itu menuntun para muridnya agar tidak melakukan hal yang negatif yang salah untuk keduakalinya.
Ini Dia 11 Tipe Guru Yang Biasanya Kita Temui di Kelas
Di setiap sekolah pun pasitnya ada beberapa guru yang memiliki kepribadian yang tidak sama alias berbeda, maka dari itu jangan terlalu mengambil kesimpulan terlalu cepat bahwa si guru a itu galak atau baik, ada baiknya anda lihat dulu backgroud dari guru tersebut, dan jika benar siafat nya memang seperti itu, maka kembali lagi pada diri anda sendiri bagaimana untuk menyikapi guru seperti itu. Nah berikut di bawah ini ada beberapa tipe guru yang biasanya ada di sekolah kita, dan setiap hari pasti akan bertemu dengan guru - guru tersebut.

1. Guru Formalis
Yang pertama ini adalah jenis guru yang selalu menggunakan bukunya sebagai bahan ajar, memang pada dasarnya seorang guru harus mempunyai buku materi sebagai bahan ajar pada siswanya, namun di guru formalis ini dia sangat tergantung sekali pada buku tersebut, sampai kata - kata setiap perkataanya sama dengan buku materi. Jika dia tidak membawa buku materi di kelas mungkin dia akan kelabakan untuk mengajari pada muridnya, dan biasanya guru tersebut tidak suka ditanya. Padahal pada dasarnya seorang guru harus bisa mengayomi dan menjadi pelayan bagi siswa - siswanya agar mengerti apa yang diajarkan oleh guru tersebut, dan bisa menyerap materi dengan sempurna.

2. Guru Peneliti
Biasanya guru ini sering terdapat di kelas IPA namun tidak menutup kemungkinan bisa ada di kelas IPS, biasanya guru tipe ini berbicara dengan ada nya fakta, dan gaya mengajarnya sampai materi yang disampaikan ada buktinya, hal ini memungkinkan siswa akan percaya dan bisa menyerap materi dengan baik. Namun jika anda membuat tugas dengan hasil copas dari internet atau dari teman, guru ini biasanya akan cepat tahu bahwa tugas anda adalah hasil copas. Selain itu guru peneliti sering sekali membawa muridnya ke laboratorium untuk mengajarkan beberapa hal dengan buktinya.

3. Guru Jaim
Guru yang satu ini biasanya ada di beberapa sekolah dan beberapanya adalah seorang wanita, guru jaim sering sekali bertingkah perfect di hadapan muridnya, walaupun pada saat itu dia melakukan kesalahan dan di benarkan oleh murid, dia pasti tidak akan merasa salah dan tetap pada pendiriannya. Selain itu dia selalu memakai jenis pakaian yang lebih dari pakaian normalnya, seperti penambahan aksesoris atau hal lainnya. Padahal gaya fashion seorang guru tidak terlalu signifikan pada saat menyampaikan materi pada anak siswanya.

4. Guru Invisible
Mungkin beberapa murid sudah mengetahui jenis dan tipe guru yang seperti ini, pada dasarnya dia ada namun jarang ke kelas yang datang hanya tugas dan tugas. Sekalinya masuk ke kelas dia tidak akan lama dan sama pada akhirnya dia akan memberikan tugas pada muridnya, namun masalah nilai biasanya guru ini akan memberikan sama rata untuk semua muridnya. Guru seperti ini adalah contoh guru yang tidak baik, karena murid selalu akan menanyakan hal yang dia tidak tahu atau juga ada beberapa murid yang keinginan tahunya agak besar, nah wadah untuk murid tersebut harus di tapung, oleh karena itu ada baiknya seorang guru stay di kelas walaupun murid sedang mengerjakan tugas atau hal lainnya.

5. Guru Killer
Mungkin tidak saya tidak perlu untuk menceritakan atau menjelaskan tipe guru ini, ketika dia masuk kelas murid - murid harus sudah siap belajar dan siap untuk ditanya, dan sekalinya tidak bisa menjawab, guru ini biasanya akan mengomel baik itu sebentar atau juga panjang lebar. Dan jika dia memberikan tugas, tugasnya tersebut sangat sedikit mungkin satu pertanyaan atau dua, namun jawabanya bisa satu lembar kertas. Dan tidak sedikit siswanya yang harus di remedi walaupun sudah menjawab dengan panjang lebar dari tugasnya. Intinya jika jam pelajaran guru killer anda ingin sekali cepat - cepat berakhir jam pelajarannya

6. Guru Penulis
Bisa dibilang guru yang satu ini hobinya menulis, jika dia masuk ke kelas dia akan menjelaskan sedikit dan seterusnya menulis di papan tulis, murid pun mau tidak mau harus mencatat semua materi yang ada di papan tulis tersebut. Selain itu guru ini juga sering sekali mengecek apakah siswanya mencatat materi yang ada di papan tulis. Pada dasarnya seorang guru harus menjelaskan apa materi yang akan di sampaikan, dan tidak ada salahnya jika guru tersebut menuliskan materianya di papan tulis, namun ada baiknya sambil di jelaskan maksud dari tulis di papan tulis tersebut, agar murid lebih mengerti dari materi yang ingin disampaikan.

7. Guru Sahabat
Nah yang satu ini murid - murid sangat menyukainya, tipe guru sahabat adalah seorang guru yang bisa menjaga jarak antar dia dan muridnya, saat dia tidak dalam KBM dia akan mendekatkan jarak dengan muridnya menanyakan hal - hal pelajaran atau juga pribadi dari seorang murid tersebut. Nah jika di kelas dia akan membatasi jarak pada muridnya, dan murid pun akan merasa bahwa guru tersebut sebagai temannya, namun tetap murid harus hormat pada guru tersebut. Dan biasanya guru seperti ini akan di ingat selalu oleh murid - muridnya walaupun sudah keluar dari sekolah tersebut.

8. Guru Amnesia
Dan yang terakhir ini adalah tipe guru yang sering lupa akan sesuatu, di sisi lain guru ini memberikan hal yang positif dan negatif terhadap muridnya, contoh ketika dia sudah janji akan menjelaskan materi selanjutnya, tapi dia pada keesokan harinya menjelaskan materi yang itu - itu saja. Namun guru ini menjadi favorite siswa, karena bisa saja di bohongi seperti ketika dia sudah menjanjikan akan ulangan pada pertemuan berikutnya,  namun pada saat masuk kelas dia malah menerankan materi selanjutnya dan lupa akan ulangan yang dia janjikan pada muridnya.

9. Guru Humoris
Guru yang satu ini biasanya menjadi guru favorit dan sering ditunggu - tunggu banyak siswa ketika jam pelajarannya sudah tiba. Para siswa biasanya tidak sabar ingin mendengar cerita apalagi yang akan di sampaikan oleh guru humoris. Dan biasanya guru yang mempunyai sifat humoris dia tidak akan berlama - lama menerangkan pelajarannya malah dia akan bercerita hal - hal yang lucu dan membuat suasana kelas menjadi lebih fun. Sebenarnya guru seperti bagus untuk murid, apalagi jika guru tersebut di simpan di jam - jam pelajaran yang krusial seperti jam terakhir atau jam akan istirahat.

10. Guru Muda
Untuk selanjutnya ada guru muda, guru muda biasanya adalah seorang mahasiswa yang baru saja lulus dari universitasnya dan magang di sekolah, guru yang satu ini terkadang mempunyai sifat yang baik dan juga bersahabat dengan siswa di kelas, terkadang juga guru muda ini sering diperebutkan oleh wanita jika guru tersebut adalah pria, dan sering di goda oleh para siswa laki - laki jika guru tersebut adalah wanita. Guru Muda yang satu ini juga mempunyai cara penyampaian materi yang tertata rapih di tidak sedikit mereka sering membawa media sebagai alat bantu belajarnya di kelas.

11. Guru Motivator
Selanjutnya ada tipe guru motivator, tipe guru yang satu ini biasanya memang sudah tua dan tentunya sudah baik dalam hal cara mengajar kepada murid, selain itu tipe guru ini pun mempunyai banyak sekali pengalaman yang bisa membuat murid lebih semangat lagi untuk belajar. Tipe guru motivator ini biasanya mempunyai dua tugas selain mengajar dia pun biasanya menjadi seorang guru BP/BK yang dimana tugas dari guru tersebut memotivasi atau memberikan solusi atas masalah yang dihadapi seorang siswa. Biasanya pada saat mengajar dikelas guru ini akan menceritakan berbagai pengalamannya yang bisa meningkatkan optimis seorang siswa yang mendengarkan. Sebenarnya guru tipe motivator ini sangat dibutuhkan sekali oleh seorang siswa, agar tidak mudah untuk putus asa dan menyerah.

Demikian tadi beberapa tipe dari guru - guru yang sering kita temui pada saat jam pelajaran sedang berlangsung, walaupun berbeda - beda sifatnya ada yang baik dan galak, namun tetap seorang guru adalah pahlawan tanpa jaksa bagi murid - muridnya, selain peran orang tua yang mencetak kepribadian murid guru pun ambil bagian untuk mencetak dari beberapa kepribadiannya, agar menjadi orang yang sukses dan selalu berfikir positif.

Terkadang di zaman sekarang banyak murid mulai mencoba berani untuk menantang guru karena hal sepele seperti karena dihukum atau hal lain, sebagai pengetahuan saja guru pun mempnyai alasan tersendiri mengapa seorang murid harus dihukum, dan sebagai murid kita harus mengakui bahwa kita melakukan kesalahan. Oleh karena itu jalan satu - satunya agar kita tidak selalu dihukum oleh seorang guru adalah dengan berbuat baik di sekolah mengerjakan hal baik di sekolah, dan yang tentunya menjaga etika dan sikap sewaktu ada di lingkungan sekolah. Terima kasih sudah mengunjugi blog ini.

4 Responses to "Ini Dia 11 Tipe Guru Yang Biasanya Kita Temui di Kelas"

  1. duh saya guru, termasuk yang mana ya.he.exciting
    mampir ya ke http://menulismembacayuk.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Mantap artikelnya

    Btw kunjungi juga blog ane:
    http://lantingrusak.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Klo di sd, gurunya megang 5 pelajaran😄. Gk stress tuh guru😅😅

    BalasHapus
  4. Favorit Guru muda tapi yang laki + yang ganteng. Dan sebel aja gitu klo guru cewek masih muda. Kebanyakan galak deh sebel😂😂

    https://kiky-as.blogspot.com

    BalasHapus