Tips Lancar Mudik dan Liburan Lebaran Agar Selamat di Tempat Tujuan

Beberapa hari lagi atau bisa kita hitung dengan jari umat Islam di Indonesia akan merayakan hari Lebaran hari dimana dosa - dosa akan dihapus serta hari dimana masyarkat Indonesia terutama kaum muslim akan bersalaman dan mengucapkan maaf atau saling bermaaf - maafan. Bagi keluarga yang jauh tentunya untuk mengunjungi orang tua atau saudara yang ada dikampung ada hal yang sangat di inginkan sehingga ketika akan akhir di bulan puasa atau menjelang hari raya Lebaran di Indonesia terkenal dengan akitivitas masyarakatnya yang disebut dengan mudik.
Mudik atau perjalanan pulang ke kampung halaman bukan perkara hal yang mudah butuh persiapan untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan di perjalanan atau juga disaat sudah sampai di kampung halaman, apalagi jika perjalanan anda jauh dan tempat yang anda tuju cukup memakan waktu yang banyak. Mencek segala hal termasuk kendaraan anda harus menjadi kewajiban karena anda tidak mau perjalanan mudik anda terganggu oleh kendaraan anda yang bermasalah. Oleh karena itu di bawah ini ada beberapa tips bagi anda yang akan mudik dan juga liburan lebaran bersama keluarga agar lancar dan juga selamat di tempat tujuan.

1. Mencek Kondisi Mesin
Anda tentunya tidak mau mobil anda mogok di tengah jalan ketika akan mudik, oleh karena itu mencek kondisi mesin pada saat akan berpergan jauh adalah salah satu tips yang cukup ampuh untuk menghindari hal tesebut. Ada baiknya bawa kenderaan anda ke tempat service resmi seminggu akan berangkat mudik, cukup cek bagian mesin yang vitalnya saja, dan yang paling penting tanya ke tempat service tersebut berapa lama dan berapa harganya jika mobil anda di service.

2. Cek Ban 
Selanjutnya setelah mesin yaitu bagian ban, ban sendiri untuk sebuah kendaraan sangat vital sekali, karena jika bocor atau kurang angin maka perjalanan anda pun bisa terganggu dan cukup berbahaya. Oleh karena itu usahakan untuk mencek kondisi ban anda apakah sudah ada kerusakan atau tidak, jika ada kerusakan segera ganti sebelum mudik. Selain itu juga tekanan ban pun harus anda atur agar pas, anda bisa melihatnya di buku petunjuk mobil atau sekarang bisa anda tanyakan ke tukang tambal ban yang ada di pinggir jalan karena mereka sudah tahu tekanan ban untuk jenis segala mobil.

3. Mengatur Penyimpanan Barang - Barang
Ketika akan mudik tentunya anda akan membawa barang - barang apalagi jika tujuan anda jauh pakaian dan makanan serta oleh - oleh untuk keluarga harus di bawa. Oleh karena itu usahakan untuk menyimpan barang berat di bagasi dan jangan terlalu tinggi melewati kursi kedua agar pengemudi di depan masih bisa melihat kedepan dengan menggunakan kaca spion. Selain itu juga atur banyaknya barang bawaan dengan mengoptimalkan kursi lipat d baris kedua atau baris ketiga, mengikat barang dengan tali pun cukup efektif agar barang tidak berantakan ketika melewati jalanan yang tidak rata.

4. Gunakan GPS atau Sistem Navigasi
Walaupun pada dasarnya anda sudah tahu jalan mana atau tujuan anda mau kemana, namun ada baiknya nayalakan sistem navigasi bagi anda yang mempunyainya di dalam mobil, kalau tidak anda bisa menggunakan HP yang sekarang sudah ada maps di dalamnya. Terkadang sistem navigasi atau maps yang ada di HP bisa memberikan jalan alternatif ketika jalan yang anda sedang kendarai macet atau ada hal yang mengganggu perjalanan anda.

5. Perhatikan Musik di Dalam Kabin
Setiap orang pastinya mempunyai gaya atau style sendiri - sendiri pada saat mengendari sebuah mobil ada yang bernyanyi di dalam mobil karena suka bermusik di dalam mobil atau juga ada yang biasa saja. Bagi anda yang suka menyalakan audio atau musik di dalam kabin mobil usahakan untuk memilih jenis musik yang menyenangkan dan hindari jenis musik dengan ketukan yang lambat karena bisa memancing rasa kantuk yang cepat. Selain itu juga usahakan volume musik jangan terlalu kencang karena suara mobil diluar atau klakson mobil di luar bisa saja terganggu oleh kerasnya musik di dalam kabin mobil.

6. Menyimpan Makanan dan Minuman
Di dalam setiap kabin mobil tentunya ada cup holder atau ruang penyimpanan yang bisa anda gunakan untuk menyimpan makanan dan juga minuman. Melakukan perjalanan jau =h tentunya menguras tenaga oleh sebab itu membawa makanan dan juga minuman yang di tempat di tempat yang sudah di sediakan di dalam kabin mobil menjadi hal yang penting apalagi jika anda mempunyai anak kecil atau bayi yang dimana anak usia seperti itu butuh sekal asupan makan untuk pertumbuhannya.

7. Menggunakan Sabuk Pengaman
Ini adalah hal yang sangat penting ketika anda mengendari sebuah mobil, menggunakan selt belt atau sabuk pengaman adalah hal yang sangat wajib untuk semua penumpang dan juga pengemudi, atur juga ketinggian sabuk pengaman atau dan juga kelonggaran sabuk pengaman karena setiap orang mempunyai bentuk badan yang berbeda. Selain sabuk pengaman anda juga harus mengatur posisi duduk anda, usahakan atur sampai anda merasa nyaman pada saat duduk dan juga pada saat memegang stir mengemudi.

8. Masukkan Angin Segar Setiap 2 Jam Sekali
Menggunakan mobil dengan semua kaca tertutup memang hal yang lumrah bagi orang yang mengedarai sebuah mobil, namun karbon dioksida yang ada di dalam kabin mobil bisa membuat anda lemas dan juga kantuk oleh karena itu bagi anda yang sedang melakukan perjalanan jauh selalu buka kaca jendela atau bagian sunroof bagi mobilnya yang anda untuk meginjinkan angin segar masuk ke dalam kabin mobil.

9. Gunakan Peta Mudik
Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa menggunakan mobil dengan durasi yang berjam - jam menguras tenaga anda, oleh karena itu beristirahat sejenak untuk mengembalikan tenaga anda adalah hal yang harus rutin anda lakukan ketika sedang di perjalanan jauh. Dengan menggunakan peta mudik anda pun bisa mengetahui tempat - tempat istrihat yang sudah dibangun oleh polisi setempat atau tempat makan dan juga pom bensin. Peta mudik tersebut bisa anda unduh secara gratis di HP Android dan tidak hanya menginformasinya tempat beristrihat saja, di dalam peta mudik terdapat informasi tempat wisata di setiap daerah di Indonesia.

Mungkin itu tadi 9 tips bagi anda yang akan mudik atau berlbur pada hari raya Lebaran, selain diatas tadi ada pun harus menjaga kecepatan kendaraan anda baik di jalanan biasa atau di jalan tol sekalipun karena sudah tidak bisa dihitung lagi beberapa kecelakaan pada saat mudik karena kelalayan supir atau pengemudi yang tidak mengatur kecepatan kendaraanya, semoga tips diatas tadi bisa membantu anda untuk mudik dan berlibur di hari raya Lebaran dengan selmat dan menyenangkan tentunya bersama keluarga anda.

0 Response to "Tips Lancar Mudik dan Liburan Lebaran Agar Selamat di Tempat Tujuan"

Posting Komentar