Info Tips Bagaimana Cara Memanaskan Motor Injeksi Dengan Benar

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah informasi dan tips berkendara pada waktu malam hari, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagkan kepada anda sebuah informasi yang cukup menarik, dan pastinya akan bermanfaat bagi anda, yaitu cara memanaskan motor dengan benar. Untuk anda yang mempunyai motor gede atau motor bebek biasanya mungkin sudah tidak asing lagi dengan memanaskan motor ketika akan berkendara keluar rumah entah itu jarak yang jauh atau dekat, untuk memanaskan motor tidak sembarangan karena ada beberapa kasus motor ceopat rusak di karenakan pemanasan yang tidak baik. Nah kalau begitu bagaimana memanaskan motor dengan baik dan benas, di bawah ini ada penjelasannya.
Info Tips Bagaimana Cara Memanaskan Motor Injeksi Dengan Benar
Seperti yang kita tahu motor pada zaman sekarang memiliki perbedaan yang cukup signifikan, tidak hanya dari body akan tetapi mesin dan dalemanm mesinnya pun cukup berbeda dengan mesin zaman dulu, motor injeksi adalah salah satu motor dengan design mesin yang cukup bagus dan performa lari yang luar biasa. Nah beberapa motor injection sebenarnya tidak perlu rutin untuk memanaskannya, untuk memanaskannya pun tidak terlalu cukup lama dan tidak boleh sampai 1 menit lebih,  seperti yang telah di kutip dari Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), motor jenis injeksi kebutuhan bahan bakarnya suda diatur di Engine Control Module (ECM), dan tidak perlu menarik tuas gas ketika memanaskan motor injeksi.

Selain itu ada beberapa keuntungan yang anda dapatkan dari memanaskan motor dengan tidak lebih dari satu menit untuk motor injeksi yaitu yang pertama sirkulasi oli sudah baik di dalam mesin motor anda, dan yang kedua mesin sudah cukup hangat untuk dijalankan di jalan raya, dan yang terakhir yaitu bahan bakar bensin tidak akan terbuang percuma jika anda memanaskan motor anda tidak lebih dari  satu menit. Jadi pada intinya sia - sia motor injeksi di geber - geber pada waktu pemanasan, karena hal tersebut bisa menghamburkan bensin yang sudah dipakai, dari pada terbuang mending dipakai jalan di jalan raya bensin pada motor anda.
Info Tips Bagaimana Cara Memanaskan Motor Injeksi Dengan Benar
Selain itu perlu anda ketahui bahwa di dalam mesin injeksi sudah tertanam alat canggih yang diberi nama dengan Engine Control Module (ECM), dimana alat ini mempunyai fungsi mengatur kebutuhan bahan bakar di dalam mesin, oleh karena itu ketika memanaskan motor bertipe injeksi anda tidak perlu menarik tuas gas atau dengan kata lain menggeber - geber motor malah jika anda melakukan hal tersebut bahan bakar atau bensin yang ada di dalam tangki motor cepar habis. Dan seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa untuk memanaskan motor injeksi ini tidak perlu lama cukup 30 detik atau 1 menit.

Dalam waktu 30 detik atau 1 menit tersebut cukup membuat stasioner dan juga oli sudah bersirkulasi di dalam mesin dengan baik serta pada putaran mesin stasioner. Oleh karena itu di biarkan saja pun oli dan stasioner sudah berjalan dengan semestinya di dalam mesin motor, sehingga anda tidak perlu menarik gas atau dengan kata lain menggeber - geber motor anda dengan durasi waktu yang cukup lama.

Mungkin dengan penjelasan diatas tadi bisa membuat kebiasaan anda yang selalu memanaskan motor bertipe injeksi dengan keadaan atau waktu yang cukup lama bisa berhenti, selain itu untuk anda yang selalu menggeber - geber gas pada motor ketika dipanaskan juga tidak perlu dilakukan lagi. Hal - hal diatas tadi sebenarnya harus anda hentikan dari mulai sekarang terlebih zaman sekarang sepeda motor sudah mengadopsi sistem injeksi yang dimana di dalam sistem yang baru ini konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan dengan tipe motor pada biasanya. Namun kelebihan tersebut akan terbuang sia - sia ketika anda salah memanaskan motor.

23 Responses to "Info Tips Bagaimana Cara Memanaskan Motor Injeksi Dengan Benar"

  1. duh ma ksh kang informasinya. sebab sy manasin motor plg sebentar 5 menit. nuhuun pisn

    BalasHapus
  2. Kalo bagus manasin motor itu di selah atau di stater ?
    Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau motor injeksi gak pengaruh gan. Kalau ada electrick starter ngapain susah susah pakai kill starter. Kalau ada yg gampang kenapa pilih yang susah

      Hapus
  3. Sekarang saya baru ngerti, dlu saya manasin lebih dri 5 menit trs thank ganp

    BalasHapus
  4. Wah klo vixi advance ku manasin nya 10-15 menit baru jalan brti salah ya😕😮

    BalasHapus
  5. Apa lagi saya gan sebelum kipas nya muter ya blm tk matiin kontak nya..
    Salah ya gan

    BalasHapus
  6. Apa lagi saya gan sebelum kipas nya muter ya blm tk matiin kontak nya..
    Salah ya gan

    BalasHapus
  7. vixi punyaku
    Kalau 1 menit aja agak susah star tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti bukan salah pemanasan, salah di sistem electric starternya atau di aki nya

      Hapus
  8. Manasinnya mna yg baik mas pakai starer atau di selah .... atau baik dua.duanya ? Mhon pnjelasnnya trimaksih bnyak

    BalasHapus
  9. Menurut buku panduan pgm fi. 3-5 menit. Tapi memurut artikel di ats maximal 1 menit.

    Ini yg bner yg mnaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk motor injeksi memang gak perlu waktu lama memanaskannya mas cukup 1 - 2 menit saja sudah cukup..
      Sebenarnya Motor yang sudah berteknologi injeksi, meskipun tidak dipanaskan mesin tetap siap dibawa berkendara. walaupun brebet karena kurang panas, tetapi tidak mempengaruhi kinerja mesin.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Memang salah satu kelebihan motor injeksi adalah tidak perlu dipanaskan dalam waktu yang lama seperti motor2 jadoel.. cukup dalam rentang waktu 1- 2 menit saja sudah oke... nice info..
    jangan lupa para biker kunjungi juga https://www.bikerjadoel.com/2018/12/cara-membuat-semir-ban-sendiri.html

    BalasHapus
  12. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  13. Oke gan thanks bgt nih infonya

    BalasHapus
  14. tapi misalkan sudah terlanjur gmn? apa ada masalah dgn mesin? atau dll

    BalasHapus