10 Tips Dan Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dengan Baik dan Benar

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah tips dan juga cara agar motor kita awet bahan bakar tetapi bertenaga, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda sebuah tips cara merawat motor jenis matic. Untuk anda yang mempunyai motor berjenis matic, pastinya tidak mau motornya rusak sewaktu - waktu karena kesalahan anda sendiri, pada dasarnya ketika kita mempunyai sebuah motor atau juga ketika berencana akan membeli sebuah motor ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu seluk beluk motor dari mesin sampai dari luarnya, walaupun pengertahuan kita tidak terlalu luas dalam hal sepeda motor. Seperti halnya motor matic yang rentan macet atau juga mogok, kalau kita mengetahui seluk beluk motor, kita jug bisa menghemat uang, karena tidak perlu rutin pulang pergi ke deler untuk menservice motor kita. Karena hal yang mudah seperti mengganti oli pada mesin motor, pada dasarnya anda bisa melakukannya dengan sendiri, jika anda mempunyai alat - alatnya.
10 Tips Dan Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dengan Baik dan Benar
Motor matic sendiri untuk perawatannya tidak berbeda jauh dengan motor - motor biasa, seperti halnya mesin atau juga beberapa kerangka luarnya, akan tetapi untuk suku cadang jelas berbeda dengan motor - motor biasa, jika bagian motor anda ada yang rusak seperti patah atau yang lainnya. Apalagi motor - motor jenis sekarang sudah di beri sistem komputer seperti injeksi, motor tipe ini tidak bisa kita perlakukan sama dengan model atau tipe motor pada biasanya, dan jarang sekali orang yang sudah memahami jenis mesin atau seluk beluknya dari motor injeksi, dan ada baiknya anda bisa membawa motor injeksi adna ke deler jika motor anda mogok mendadak. Nah di bawah ini ada beberapa tips untuk merawat yang baik, yang bisa anda lakukan unutk motor anda khsusu jenis matic

1. Panaskan Sebelum Menggunakan
Untuk tips yang pertama, mugkin anda sudah banyak melakukannya pada motor matic anda, akan tetapi untuk anda wanita yang mempunyai motor matic pastinya sering terburu - buru dan langsung saja menstatrt motor anda dan langsung tancap gas. Keseharian tersebut bisa membuat mesin motor anda berumur pendek, ada baiknya anda membiarkan terlebih dahulu selama 5-10 menit lalu, biarkan mesin motor anda panas, dan setelah itu anda bisa langsung menggunakannnya, dengan begitu mesin motor anda pun bisa awet dan secara tidak langsung mesin motor anda pun sudah terawat dengan baik.

2. Mengubah Mendadak Kecepatan
Ketika di jalan, khususnya motor matic jangan terlalu bermain dengan pedal gas, karena hal tersebut bisa membuat mesin motor anda cepat panas, dan juga bisa memboroskan bahan bakar motor anda. Ada baiknya ketika anda akan merem motor anda ulurkan tali gas motor anda secara perlahan jangan di hentakan,  dan tarik pedal rema anda secara perahal. Selain cepat panas dan juga boros bahan bakar, kebiasaan buruk pada motor matic bisa memicu mesin motor menjadi rusak.

3. Rutin Ganti Oli
Untuk anda yang sering menggunakan motor matic anda dengan kecepatan yang cukup cepat dan jarak tempuh yang lumayan jauh, perhatikanlah oli mesin anda, karena dengan jarak yang cukup jauh mesin dari motor matic anda harus tetap halus saat gesekan terjadi sehingga bisa menghasilkan tenaga yang maksimal dan tidak membuang bahan bakar mejadi sia - sia. Anda bisa membawa ke deler jika anda tidak bisa mengganti oli, dan pilihlah oli yang khusus untuk motor matic.

4. Periksa Kondis Aki dan Busi
Periksalah dua bagian dari motor matic ini, karena peranannya sangat penting bagi kelangsungan motor anda pada saat dijalnkan, terutama untuk busi, beberapa orang sering lupa untuk mencek kondisi busi apakah sudah kotor atau masih baik. Karena busi memiliki perananan penting, karena pada saat di nyalakan peranan busi adalah menyalakan sistem untuk menyedot bensin untuk menyemprotkan ke mesin agar bisa berjalan dengan baik. Sedangkan untuk Aki sendiri sebelumya tidak perlu di khawatirkan karena aki memiliki hidup yang cukup lama, akan tetapi jika sudah mati cepat - cepatlah untuk menggnatinya karena pada saat sekarang kendaraan beroda dua harus menyalakan lampu motornya.

5. Cek Selalu Ruang Transmisi
Ruang transmisi sering sekali kedapatan banyak debu di dalamnya, jadi ada baiknya anda memeriksa ruang transmisi dan mengganti Oli Shockbreaker, ketika di dalam ruang transmisi usahkan anda mengecek dan perhatikan, biasanya di dalam ruang transmisi sering masuk kotoran dan debu, usahakan anda bersihkan setelah motor mencapai 4000 Km. Berikutnya mengganti oli shockbreaker setiap motor mactic Anda mencapai 10000 KM, dengan cara ini membuat motor matic anda nyaman saat dipakai dan mesinnya awet.

6. Selalu Cek Roler dan Ventbelt
Seperti yang anda ketahui jika di motor biasa yang bergigi kita mengenal adanya rantai penghubungan antara mesin dan roda, sedangkan untuk di motor matic rantai tersebut di ganti dengan Roler dan Ventbelt. Sama halnya dengan rantai pada motor biasa anda harus cek sesekali apakah Roler dan Ventbelt di motor matic anda harus di ganti atau tidak. Salah satu indikasi bahwa Roler dan Ventbelt harus di ganti adalah motor matc menjadi agak berat walaupun kondisinya stabil seperti tekanan ban yang pas dan mesin yang ok, namun tetap saja agak terasa berat. Atau anda bisa menanyakan langsung kepada tukan servis ketika motor matic anda sedang di sevis.

7. Hindari Bensin Kosong
Bagi anda yang memiliki kebiasaan membiarkan tangki bensin di dalam motor sampai kosong mungkin motor matic anda yang selalu mogok bisa jadi dari faktor tersebut. Karena pada dasarnya selalu membiarkan tangki bensin sampai keadaan kosong bisa merusak mesin dalam jangka panjangnya oleh karena itu usahakan untuk selalu mengecek tanda di spedometer motor anda jika jarum jamnya sudah menunjukan ke arah yang merah. 

8. Selalu Periksa ECU
ECU atau singkatannya Electronic Control Unit adalah sebuah bagian dari mesin injeksi di dalam motor matic yang dimana mempunyai tugas untuk mengoperasikan sistem injektor pada motor, oleh karena itu jika bagian ECU ini anda biarkan dan bisa saja rusak maka siap - siap motor matic anda akan mogok. Oleh karena itu pada saat di bawa ke tempat service untuk di service secara rutin usahakan untuk anda meminta pada montirnya agar mencek apakah ECU pada motor anda berjalan dengan baik atau sebaliknya, tips yang satu ini sangat penting sekali bagi anda yang sering berpergian jauh agar tidak mogok di tengah jalan.

9. Periksa V-Belt dan Roller
Selanjutnya untuk anda yang memiliki jenis motor matic injeksi ada baiknya anda memeriksa v-belt dan juga roller, walaupun biasanya tidak serutin memeriksa oli namun dua item pada bagian bawah ini sangatlah penting, tentunya anda tidak mau ketika diperjalanan bagian v-belt putus akibat sudah berumur. V-blet dan roller seperti yang sudah dikatakan tadi ada pada bagian bawah tepatnya dibagian bawah jok belakang, untuk membukannya pun mungkin bisa dikatakan cukup sulit karena anda membutuhkan kunci yang sesuai untuk membuka body yang melapisi v-belt dan juga roller. Namun jika anda selalu rajin membawa motor anda ke tempat service anda bisa menanyakan ke pegawai service untuk membuka dan juga memeriksa bagian tersebut apakah masih layak atau harus diganti.

10. Periksa Shockbreaker
Bagian yang satu ini mungkin jarang sekali diperiksa oleh kebanyakan pengguna motor matic, shockbreaker juga pada dasarnya adalah bagian yang cukup sentral pada motor matic terutama pada saat rusak. Seperti yang kita ketahui shockbreaker pada motor matic hanya ada satu maka dari itu mungkin kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan bagian ini. Untuk cara perawatannya pun cukup mudah anda tinggal periksa oli pada shockbreaker apakah masih ada ataukah harus diganti, sebenarnya ada anjuran untuk mengganti shockbreker yaitu setiap 10.000 km pemakain.

Mungkin itu tadi beberapa tips yang bisa saya berikan kepada anda untuk menjaga performa motor matic anda dan cara baik untuk merawat motor berjenis matic, untuk anda yang suka dengan belajar sendiri, maksudnya selalu mencoba dengan sendiri mugkin anda tips diatas bisa bermafaat untuk anda yang akan memulai menggunakan motor matic, dan untuk anda yang tidak mau repot dengan motor matic anda. Anda bisa membawa motor matic anda ke deler untuk di service dan juga biasanya di ganti oli jika oli motor anda sudah kotor. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

7 Responses to "10 Tips Dan Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dengan Baik dan Benar"