10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita di Umur 30 Tahun

Kesehatan adalah harta yang paling berharga, memang pepatah tersebut benar adanya karena kesehatan tidak bisa di beli dengan obat, walaupun pada dasarnya obat bisa di beli oleh uang namun jika penyakitnya terus ada di dalam tubuh anda uang pun tidak bisa menjadi solsui bagi kesehatan tubuh anda. Oleh karena itu sebelum terlambat tubuh anda sakit lebih baik jaga dan selalu rawat tubuh anda untuk kelak di umur selanjutnya.
10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita di Umur 30 Tahun
Berbicara umur, mungkin di umur 30 tahun keatas adalah umur dimana sangat rentan sekali badan kita terkena penyakit. Karena di zaman seperti sekarang ini kebanyakan orang jarang gerak ditambah lagi dengan beberapa makanan yang super lezat namun terdapat efek yang begitu manakutkan bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu hal yang bisa menyelesaikan masalah tersebut adalah mengganti gaya hidup menjadi gaya hidup sehat seperti berolahraga atau memakan makanan yang bervitamin sehat bagi tubuh.

Nah apa saja kegiatan atau tips menjaga tubuh kita pada umur 30 keatas terutama untuk wanita, di bawah ini ada beberapa tipsnya.

1. Tidur Teratur dan Cukup
Untuk tips yang pertama adalah tidur yang cukup dan teratur, untuk anda yang sudah berumur 30 tahun ada baiknya kurangi kegiatan begadang atau melakukan aktivitas malam, karena semakin naik umur semakin lemah juga organ di dalam tubuh kita, oleh karena itu jangan terlalu di paksakan ketika anda sudah mengantuk. Untuk tidur pada waktu malam hari lebih bagus 7 sampai 8 jam setiap malamnya, dengan tidur rentan waktu seperti tadi membuat tubuh anda akan terasa lebih segar pada waktu bangun nantinya.

2. Kurangi Menonton TV
Memang ketika kita tidak ada pekerjaan lain TV adalah obat untuk penghibur dikala bosan atau tidak ada pekerjaan, namun duduk lama menonton TV pun bisa memicu terjadinya penyakit di dalam tubuh kita, jarang gerak dan terus menerusan menonton tv pun bisa membuat mata kita lelah dan terkadang sesudan menonton TV dengan jangka waktu lama bisa menyebabkan mata berkunang - kunang. Oleh karena itu batasi diri anda untuk menonton TV dirumah.

3. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah - Buahan
Seperti yang kita tahu sayuran dan buah - buahan kaya sekali akan vitamin dan serat, dengan mengkonsumsi secara rutin entah itu sayuran atau buah - buahan di jamin tubuh anda pun akan tetap bugar walaupun sudah umur 30 tahun. Selain itu mengkonsumsi sayuran dan buah - buhan pun sangat direknomendasikan bagi wanita dewasa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral di dalam tubuh.

4. Berolahraga
Mungkin ini adalah kegiatan yang cukup dihindari kebanyak wanita pada usia menginjak 30 tahunan, banyak wanita yang memiliki kegiatan di dalam rumah ketimbang di luar rumah seperti olaharga. Padahal olahraga adalah salah satunya kegiatan yang bisa memlatih tubuh kita terutama organ di dalam tubuh agar terus terjaga kesehatannya, tidak hanya berkeringat olahraga pun bisa membakar lemak yang menumpuk di sekitar tubuh kita. Olahraga pun sudah dikatakan beberapa kali bahwa kegiatan tersebut adalah gaya hidup sehat.

5. Cek Rutin Kesehatan Anda
Untuk yang terakhir ini bisa anda lakukan sebulan sekali atau seminggu sekali dan bagi anda yang memang mempunyai penyakit berkepanjangan di sarankan untuk mencek kesehatan anda ke dokter terdekat, karena dengan mengunjungi dokter, anda pun mempunyai pelajaran tersendiri kegiatan atau makanan apa saja yang harus di hindari pada usia 30 tahun. Karena di umur tersebut tidak semua kegiatan atau makanan bisa menerima atau bisa masuk ke dalam tubuh anda, sudah ada batasnya tubuh anda menerima beberapa kegiatan atau makanan.

6. Perhatikan Asupan Gula dan Garam
Selanjutnya bagi anda yang sudah masuk ke umur 30an, asupan garam dan gula harus anda perhatikan, karena seperti yang kita tahu jika tubuh kita kelebihan garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sebaliknya jika tubuh kita kebanyakan asupan gula maka penyakit seperti kolesterol dan juga tingkat trigliserida akan naik di dalam tubuh anda, tidak hanya itu saja penyakit diabetes pun bisa menyerang orang yang asupan gula dalam tubuhnya cukup banyak. Maka dari itu perhatikan kedua bahan dapur tersebut ketika masuk ke dalam tubuh.

7. Mengkonsumsi Ikan Salmon
Selain menkonsumsi sayuran serta buah - buahan di usia anda yang sudah menginjak 40 tahun perlu juga asupan protein untuk tubuh anda, selain daging protein juga bisa anda dapatkan dari ikan. Salah satu ikan yang sangat di rekomendasi bagi anda yang sudah berumur 40 tahun yaitu ikan salmon, ikan yang satu ini mempunyai kandungan DHA, EPA, asam lemak omega-3 yang dimana sangat bermanfaat untuk tubuh yang dimana bisa mencegah penyakit demensia dan Alzheimer. Selain itu juga daging dari ikan salmon bisa membantu sel saraf untuk berkomunikasi dengan mudah, sehingga secara tidak langsung ikan salmon ini bagus untuk ingatan anda.

8. Kurangi Makanan dan Minuman Mengandung Gula
Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa ketika anda masuk pada usia 30 tahun ada baiknya anda perhatikan pola makan, jangan remehkan pola makan anda setiap hari karena beberapa orang yang berusia 30 tahunan keatas dan memiliki pennyakit salah satu faktor kenapa orang tersebut mempunyai penyakit adalah dari pola makan yang tidak sehat. Gula adalah salah satu hal yang harus anda kurangi, makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah, sehingga bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Perlu anda ketahui usia 30 adalah usia dimana orang sangat rentan sekali bisa terkena penyakit yang satu ini, oleh karena itu berhati - hatilah pada saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula.

9. Selalu Sarapan
Sarapan memang sangatlah penting untuk kebutuhan tenaga di dalam tubuh kita, tentu melakukan aktivitas dari pagi sampai malam hari sangat membutuhkan tenaga dan energi untuk melakukan semua hal tersebut, dan salah satu hal yang harus anda lakukan yaitu sarapan di pagi hari. Namun ada beberapa orang yang tidak terbiasa untuk sarapan pagi mereka akan mulai makan di jam 10 atau pada jam 12 siang, jika anda ada di umur 30 atau lebih dan masih melakukan hal tersebut ada baiknya anda hentikan kegiatan tersebut. Ada baiknya anda biasakan sarapan di pagi hari, walaupun tentunya anda akan merasa malas atau tidak terbiasa, setidaknya anda makan satu roti dengan selai saja sudah cukup untuk sarapan sebelum berangkat kerja.

10. Jangan Banyak Minum Kopi
Minum kopi mungkin adalah salah satu kegiatan kebanyakan orang yang sering dilakukan di pagi hari, namun berbeda dengan di Indonesia kebanyakan orang Indonesia suka minum kopi tidak tentu, dalam satu hari bisa saja orang Indonesia minum 3-5 gelas kopi. Memang kopi mempunyai manfaat tersendiri untuk tubuh kita namun jika dikonsumsi secara berlebihan atau banyak bukan hal yang baik datang ke tubuh kita namun hal yang buruk bisa datang ke dalam diri kita, salah satunya yaitu susah tidur atau insomnia. Oleh karena itu cobalah untuk atur minum kopi anda setiap hari agar tidur pun teratur dan pada saat pagi hari kegiatan anda tidak terganggu dan selalu semangat.

Mungkin itu tadi beberapa tips dan informasi bagi anda yang wanita yang sudah berumur 30 tahun. Jika memang anda masih berkarir seperti masih mengantor pada usia tersebut ada baiknya sisihkan waktu dimana anda bisa memanjakan tubuh anda agar kesehatan tubuh bisa terjaga. Karena di era globalisasi yang serba cepat ini manusia di tuntut untuk bergerak cepat dalam hal bidang apapun. Oleh karena itu tidak jarang beberapa orang yang sibuk melupakan kesehatan tubuhnya sendiri.

1 Response to "10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita di Umur 30 Tahun"