10 Menu Makanan Sarapan Pagi Khas Orang Indonesia

Mungkin beberapa hari lagi kita akan merayakan hari ulang tahun negara kita Indonesia yang ke 70, berbicara tentang Indonesia pastinya tidak lepas dengan yang namanya budaya. Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang mempunyai budaya cukup banyak dan tentunya di dalam budaya tersebut terdapat bahasa yang berbeda dari satu sama lainya. Selain budaya dan juga bahasanya yang banyak masyarakat Indonesia mempunyai keunikan tersendiri yang jika kita kupas satu persatu pasti bisa membuat anda tertawa karena keunikannya tersebut. 

Kita bisa ambil dari makanan saja, masyarakat Indonesia sangat erat sekali dengan yang namanya beras jika kita berbicara makanan, belum bisa dikatakan makan jika kita belum makan nasi walaupun sudah beberapa makanan sudah masuk ke dalam perut kita. Jika berbicara dengan makanan juga kita sudah tahu dengan sarapan, atau dengan kata lain makan di pagi hari adalah salah satu kegiatan yang sangat penting bagi manusia untuk dilakukan dengan makan kita bisa mendapatkan tenaga untuk menjalani hari. Namun terkadang masyarakat Indonesia sering lupa dengan sarapan dan membiarkan perutnya lapar pada pagi hari karena di kejar waktu sekolah atau bekerja, terlepas dari hal tersebut ada beberapa menu sarapan pagi yang sering masyrakat Indonesia makan setiap paginya.

1. Nasi Kuning
Nasi Kuning
Yang pertama adalah nasi kuning, sebuah menu sarapan yang sangat erat sekali dengan masyarakat Indonesia pada dasarnya nasi kuning sama seperti nasi pada umumnya namun warnanya saja yang berbeda karena menggunakan kunyit serta santan dan rempah-rempah pada nasi tersebut membuat cita rasanya agak berbeda dengan nasi yang lainya. Selain itu nasi kuning juga sering di sandingkan dengan sambal goreng tempe, telur, kacang, sambal, dan kerupuk. Terkadang para pedagang nasi kuning juga sering menyediakan gorengan sebagai pelengkap nasi kuninganya. Di dalam budaya Indonesia sendiri warna kuning sering dilambangkan dengan kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh karena itu nasi kuning juga sering disajikan pada saat acara acara seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan.

2. Bubur Ayam
Bubur Ayam
Siapa yang tidak kenal dengan makanan sejuta umat ini, bubur ayam memang salah satu makanan alternatif ketika kita sedang bosan dengan nasi pada saat sarapan di pagi hari, walaupun pada dasarnya bubur juga dari nasi. Namun ada cita rasa tersendiri pada bubur dari pada nasi, hal tersebut mungkin karena campuran bahan - bahan pelengkapnya seperti suiran daging ayam, kecap, kacang, bawang goreng, dan kerupuk. Terkadang pelengkapnya lebih dari itu seperti di tambah dengan ati ayam, atau telur ayam, terlepas dari itu bubur sudah menjadi menu sarapan pagi terpaporit bagi masyarakat Indonesia.

3. Nasi Uduk
Nasi Uduk
Nasi uduk pada umumnya sama seperti nasi pada umumnya, pelengkapnya pun cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, nasi uduk sering sekali dilengkapi dengan sambal goreng tempe, bihun yang sudah di bumbui tentunya, telur, sambal, dan terakhir kerupuk. Nasi uduk betawi adalah salah satu nasi uduk yang cukup terkenal, orang Jakarta sering sekali sarapan dengan nasi uduk dan ada perbedaan nasi uduk Jakarta dengan nasi uduk dari daerah lain, salah satunya adalah nasinya yang agak gurih dan lebih empuk.

4. Mie Goreng
Mie Goreng
Mungkin menu sarapan yang satu ini termasuk ke dalam menu sarapan emergency, dan kebanyakan sering digunakan oleh anak kos dikala mereka kehabisan amunisi uang setiap akhir bulan. Walaupun sederhana namun setidaknya mie goren cukup kuat untuk mengganjal perut sampai makan siang nanti, pada dasarnya mie goreng juga sama seperti nasi dalam hal kandungan karbohidratnya namun ada baiknya kurangi makan mie, karena jika mengkonsumsi lebih makanan tersebut beberapa penyakit seperti panas dalam bisa saja menyerang tubuh anda. 

5. Nasi Dengan Telor
Nasi Dengan Telor
Selain mie goreng menu sarapan yang sangat simpel dan mudah untuk dibuat adalah nasi dengan telor, ini adalah salah satu menu sarapan bagi anda yang sering di tinggal oleh keluarga tertuma ibu, terkadang untuk beberapa anak yang mempunyai ibu super sibuk di pagi hari pasti adakalanya dia lupa atau tidak sempat untuk membuat makanan di pagi hari untuk sarapan, dan salah satu solusinya adalah menggoreng telor sebagai lauk pauknya terkadang ditambah kecap sebagai penambah rasa. Selain cepat menu sarapan ini juga sangat digemari oleh beberapa anak yang sedang dikejar waktu untuk pergi ke sekolah atau ke kampus.

6. Kopi, Rokok, dan Roti
Kopi, Rokok, dan Roti
Dan terakhir adalah menu sarapan super low budget yang kebanyak masyrakat Indonesia sering menggunakan menu tersebut, untuk beberapa orang yang sudah candu akan rokok pasti tidak akan enak jika ditemani dengan kopi apalagi jika cuaca sedang mendukung seperti dipagi hari ketika matahari belum terlalu muncul. Sebenarnya sarapan yang satu ini sangat jauh sekali dari kata sehat, yang namanya sarapan di pagi hari pastinya harus 4 sehat 5 sempurna ada kandungan karbohidrat, protein dan beberapa kandungan yang lainnya. Walaupun pada dasarnya anda menambahkan roti namun tetap saja sarapan seperti diatas tidak bisa dikatakan sarapan, namun itulah keunikan sarapan masyarakat Indonesia.

7. Leupeut dan Gorengan
Leupeut dan Gorengan
Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, pasti orang sunda dan jawa sudah tidak asing mendengar makanan dari bahan utamanya nasi yaitu Leupeut. makanan Leupeut sendiri adalah sejenis mirip lontong dengan bentuk yang cukup banyak, ada yang menyerupai tabung kecil, dan ada juga Leupeut yang mempunyai bentuk persegi panjang. Ciri khas dari makanan Leupeut sendiri selalu di bungkus dengan daun janur atau daun kelapa muda kering. Leupeut sendiri sangat enak dan nikmat di nikmati jika di sandingkan dengan gorengan. Dan ditambah lagi dengan cabe kecil. Makanan yang satu ini adalah salah satu makanan alternatif ketika anda sedang berpegian atau dibur dengan waktu. Dengan bahan utama nasi jadi Leupeut bisa sedikit mengganjal perut anda untuk nantinya makan besar.

8. Lontong Sayur
Lontong Sayur
Selain Leupeut ada juga salah satu makanan khas dari Indonesia yang dimana makanan satu ini sangat identik sekali untuk makanan sarapan pagi yaitu Lontong Sayur. Makanan yang satu ini tersebar di beberapa bagian ataU wilayah di Indonesia anda pun akan banyak menemukan abang atau tempat Lontong Sayur ini di pinggir jalan, Lontong Sayur sendiri pada dasarnya seperti leupeut namun memiliki ukuran yang panjang menyerupai pipa. Selain itu juga lontong tersebut di campurkan dengan beberapa bahan lain seperti kacang telur dan di siram dengan sop atau kuah soto ayam, terakhir tentunya diberikan toping bawang goreng dan juga kerupuk.

9. Bubur Kacang
Bubur Kacang\
Walaupun jarang orang yang makan bubur ini pada pagi hari namun bubur kacang bisa masuk ke dalam list makanan untuk sarapan pagi orang Indonesia, siapa yang tidak suka dengan bubur kacang tentunya setiap orang baik itu anak - anak sampai orang dewasa suka dengan bubur kacang ini. Selain manis bubur kacang juga sering disajikan dengan roti, tentunya dengan tambahan roti bisa menjadi pengganti nasi yang mungkin bisa dikatakan sepadan jika di lihat dari sisi kandungan di dalamnya. Selain itu bubur kacang juga sering disajikan dengan ketan merah yang dimana campuran dua bubur tersebut menjadikan bubur kacang sebagai makanan sarapan pagi yang sangat lezat.

10. Nasi Goreng
Nasi Goreng
Selanjutnya ada nasi goreng, salah satu santapan orang Indonesia yang sering dimakan ada waktu pagi hari atau malam hari, nasi goreng adalah salah satu masakan yang sangat simpel tidak perlu repot namun mempunyai cita rasa yang sangat nikmat apalagi jika dikombinasikan dengan telur dan juga kerupuk. Nasi goreng sendiri di Indonesia cukup bervariasi sesuai namun satu hal yang membuat nasi goreng dari Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri yaitu selalu memakai kecap manis, mungkin tanpa kecap manis nasi goreng tidak bisa dibilang nasi goreng sebenarnya.

Demikian tadi beberapa menu sarapan yang sering masyrakat Indonesia makan setiap harinya, pada dasarnya ada lebih lagi menu sarapan yang sering orang Indonesia makan setiap pagi di beberapa tempat, sepatutnya kita mencintai dan lebih menghargai makanan asli dari Indonesia apalagi di zaman sekarang ini makanan luar negeri sudah masuk ke Indonesia dan anak muda sekarang kebanyakan sudah jarang makan makanan asli dari Indonesia terutama dari makanan tradisionalnya. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Apapun makannya tentunya orang Indonesia lebih suka makan nasi ketimbang makan roti atau makanan sereal yang kebanyakan orang atau anak kecil suka makan makanan tersebut, seperti kata - kata orang Indonesia perut belum di isi dengan nasi belum makan namanya. Dan sarapan pagi sangatlah penting bagi setiap orang karena di pagi hari kita akan di hadapi dengan beberapa kegiatan sehari -hari baik itu yang berat atau juga yang tidak berat, tentunya tenaga sangat di perlukan tubuh untuk melakukan hal tersebut, dan dengan sarapanlah tenaga tersebut bisa kembali ada di dalam tubuh kita. 

0 Response to "10 Menu Makanan Sarapan Pagi Khas Orang Indonesia"

Posting Komentar