12 Tipe Unik Orang Pada Saat Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

Sebalumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah informasi tentang 8 pertanyaan yang sering muncul pada saat lebaran, dan untuk kesempatan sekarang sama ada kaitannya dengan bulan ramadhan yaitu tipe - tipe orang berbuka puasa. Indonesia adalah salah satu negara yang penduduknya mayoritas memeluk agama Islam, dan di dalam Islam sendiri ada sebuah peraturan ketika di bulan ramadhan di wajibkan untuk berpuasa, selain identik dengan puasa, bulan penuh suci ini juga ada beberapa hal - hal unik yang tidak bisa lihat dibulan - bulan lainya, seperti contohnya anak yang selalu membangun kita pada saat sahur, atau juga shalat tarawih yang selalu di kerjakan sesudah shalat isya.
12 Tipe Unik Orang Pada Saat Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan
Selain itu di bulan puasa juga ada beberapa orang yang bisa kita lihat berbeda dari bulan - bulan lain, seperti ada yang lemas, ada yang ngomel terus karena lama untuk berbuka. Namun ada bagusnya puasa jangan di jadikan alasan untuk membuat tubuh kita lemas atau malas, justru sebaliknya pada saat puasa kita harus lebih semangat dari bulan - bulan lainnya, karena banyak sekali rezeki dan pahala yang akan di berikan oleh Allah SWT jika orang - orang yang sedang berpuasa bersemangat dalam hari - harinya. Puasa juga identik dengan berbuka dan juga sahur. Nah kali ini saya akan memberikan informasi seputar tipe - tipe orang berbuka yang unik dan yang tentunya hanya ada di Indonesia.

1. Tipe Wajar
Untuk yang pertama yaitu tipe wajar, seperti kebanyakaan orang pada umumnya tipe ini biasa berbuka di rumah berkumpul dengan keluarga, makanannya pun tidak neko - neko, menu makanannya pun terkadang beragam karena ibu selaku yang mempunyai tugas untuk menyiapkan makanan sudah mengetahui makanan kesukaan para anggota rumahnya. Selain berbuka puasa dengan keluarga berkumpul, tidak hanya makan ramai - ramai namun tipe wajar ini juga selalu mengharap Ridho Illahi tentunya dan pastinya semua tipe di bawah ini juga mengharapkan seperti itu.

2. Tipe Nanti
Berbeda dengan kebanyakaan orang tipe nanti ini selalu menunda untuk menikmati santapan berbuka yang sudah di siapkan oleh keluarganya, alasan untuk menundanya pun beragam ada yang mau shalat maghrib dulu, atau juga ada pekerjaan sedikit lagi jadi nanggung. Namun yang terpenting ketika sudah terdengan adzan maghrib ada bagusnya dan di sunaahkan untuk segera berbuka yang penting di batalkan dulu puasanya mau itu minum saja atau juga diganjel dengan makanan yang manis - manis dulu.

3. Tipe Jumbo
Mungkin anda ada yang termasuk ke dalam tipe jumbo ini, tipe yang ketika berbuka puasa kapasitas piringnya limit alias tidak terbatas, mereka bisa makan satu piring sampai tiga piring apalagi jika di temani dengan lauk favorit mereka, makan pun bisa menjadi lahap dan tidak bisa diganggu. Namun tipe jumbo ini juga tidak baik jika terus dilakukan, karena biasanya orang yang kekenyangan akan malaS melakukan aktivitas selanjutnya. Setelah berbuka puasa kita memiliki aktivitas lainnya seperti shalat maghrib, isya, dan juga shalat tarawih.

4. Tipe Manja
Tipe ini mungkin termasuk kedalam tipe orang yang waktu puasa sangat ribet, biasanya orang ini tidak akan makan jika tidak ada makanan favoritnya seperti tidak ada kerupuk atau gorengan. Ada juga tipe orang ini tidak mau berbuka jika tidak sama dengan orang yang disayangnya entah itu pacar atau dari keluarganya. Anak kecil adalah salah satunya yang termasuk ke dalam golongan tipe ini. Namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa termasuk ke dalam tipe ini.

5. Tipe Perhatian
Biasanya tipe ini terjadi pada anak kost yang sedang merantau jauh dari kampung halamannya. Seperti yang kita ketahui anak kost mengharuskna mereka untuk melakukan segala halnya dengan sendiri, apalagi untuk para mahasiswa yang selalu menunggu kiriman uangnya dari orang tua mereka. Nah bagaiamana jika uang tersebut belum di kirim oleh orang tuanya, dan di sisi lain mereka harus makan. Salah satu solusinya yaitu berhemat dalam hal apapun termasuk dalam hal makanan. Jadi ketika mereka sahur atau berbuka puasa biasanya anak kosan yang belum dikirim uang akan makan dengan seadaanya seperti contihnya dengan mie instan, atau dengan makanan ringan.

6. Tipe Takjil
Orang bertipe ini mempunyai kesenangan dan momen tersendiri pada saat bulan puasa, ketika mereka berbuka puasa salah satu makanan yang mereka cari adalah takjil, makanan ini sangat spesial karena tidak ada di bulan - bulan lain, walaupun kita bisa membuat takjil tersebut. Tidak terasa lengkap rasanya jika tidak meneguk atau memakan takjil sebelum makan makanan berat, mungkin itu perasaan mereka yang bertipe takjil pada saat berbuka puasa. Dan biasanya mereka mempunyai tempat spesial tersendiri pada saat ngabuburit yaitu, masjid yang sering memagikan takjil gratis, atau juga di pinggir jalan yang selalu di penuhi dengan pedagang takjil.

7. Tipe Berkendaraan
Tipe ini biasanya bisa kita temukan pada saat akan dekat dengan hari raya lebarang, kita tahu sebelum lebaran atau akan dekat dengan hari raya lebaran, tradisi yang tidak akan hilang mungkin dari masyarakat Indonesia adalah mudik. Aktivitas pulang ke kampung halaman mungkin bisa di bilang menjadi salah satu kebiasaan yang wajib dilakukan, terutama untuk orang perantauan yang jauh dari tempat tinggalnya. Disaat perjalanan pulang ke kampung halaman tidak jarang banyak orang yang harus kemalaman di jalan karena jaraknya yang jauh, dan terpaksa harus berbuka di mobil atau di kendaraan mereka masing - masing. Namun tipe orang ini bisa juga termasuk ke orang yang kerjanya sampai sore, dan terjebak macet di jalan yang mau tidak mau mereka harus berbuka puasa di kendaraanya atau di pinggir jalan.

8. Tipe Jajan
Tipe ini mungkin bagi anda yang mempunyai uang lebih, walaupun dirumahnya sudah di persiapkan makanan untuk berbuka puasa, namun tipe orang ini lebih enak dan lebih prefer untuk makan di luar seperti di restauran atau di pinggir jalan, mungkin mereka mempunyai cita rasa tersendiri ketika memakan makanan atau jajanan di luar rumah. Namun ada baiknya makan saja di rumah, mubajir jadinya ketika keluarga sudah mempersiapkan makanan untuk berbuka apalagi jika makanan tersebut adalah makanan favorit anda.

9. Tipe Bukber
Hampir sama dengan tipe jajan, orang yang bertipe bukber biasanya mempunyai teman yang banyak dan masih saling komunikasi walaupun dengan teman lama, mereka biasanya mempunyai agenda atau jadwal yang cukup padat, misalnya hari ini bukber dengan teman kantor, besoknya dengan teman kampus, dan besoknya lagi mungkn dengan teman SMAnya. Boleh saja bukber diluar bersama teman anda, selain bisa mengobrol dan mengingat masa - masa sma atau sedang kuliah, dengan bukber juga kita bisa tetap bisa menjalin silaturahmi dengan teman walaupun sudah tidak bersama - sama lagi. Namun ada baiknya juga jangan lupa untuk bukber dengan keluarga karena dengan mereka anda bisa lebih bahagia.

10. Tipe Pekerja
Dan yang terahir adalah tipe orang yang buka puasanya dengan teman kerja, atau malahan sering sekali mereka berbuka di tempat kerja, karena mungkin lembur atau ada pekerjaan yang harus di selesaikan hari itu juga. Asik dan seru juga berbuka puasa dengan teman kerja, selain ada teman ngobrol kita pun bisa berdiskusi atau bertukar pikiran masalah dengan kerja atau hal lain. Namun terkadang mereka pun sering tersirat untuk bisa berbuka dengan keluarga, apalagi jika orang tersebut sudah menikah. Meninggalkan istri dan anak berbuka sendirian di rumah membuat mereka ingin sekali berbuka puasa di rumah, serta bercanda gurau bersama anggota keluarganya.

11. Tipe Shalat Dulu
Mungkin tipe yang satu ini agak jarang diminati oleh kebanyakan orang karena siapa yang tidak akan tergoda dengan lezat makanan yang sudah ada di depan mata sedangkan perut kita terus saja bersuara. Namun bagi beberapa orang yang mungkin sudah terbiasa untuk berbuka puasa hanya dengan satu gelas air putih saja atau hanya beberapa buah - buahan saja lebih mementingkan shalat magrib ketimbang berbuka puasa, karena terkadang bagi yang sudah berbuka puasa apalagi puasa hari pertama akan ada rasa malas untuk langsung mengambil air wudhu dan langsung shalat magrib.

12. Tipe Bukber
Mungkin tipe ini hanya sering terjadi pada para remaja dan pekerja kantoran, tipe bukber ini tentunya salah satu kegiatan buka bersama dengan teman, kerabat, atau teman kerja dan bahkan dengan orang yang sudah lama kita jumpai seperti reuni. Buka bersama juga biasanya sering dilakukan di berbagai tempat namun kebanyakan di tempat makan yang memang sudah dipesan terlebih dahulu sebelum jam buka berbuka puasa. Namun tidak jarang juga yang memang sengaja mereka membuat terlebih dahulu masakan untuk buka puasa nanti. Jika dibandingkan dengan tipe buka puasa diatas tipe bukber ini bisa dikatakan lebih ramai dan juga menyenangkan sampai - sampai terkadang kita lupa untuk shalat maghrib.

Mungkin itu tadi beberapa tipe - tipe orang yang unik pada saat akan berbuka puasa, sebenarnya masih banyak tipe orang pada saat akan berbuka puasa. Tipe - tipe diatas hanya berdasarkan pengamatan saya. Yang terpenting pada puasa yaitu kita harus menghindar sebisa mungkin pada hal - hal yang bisa membatakan puasa kita, dan lebih bagusnya lagi ibdah kita lebih di tingkatkan lagi di bulan ramadhan yang penuh berkah ini.

0 Response to "12 Tipe Unik Orang Pada Saat Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar