10 Cara Mendesain Rumah Kecil Agar Terlihat Besar dan Lega

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah artikel seputar tips cara mendekorasi rumah dengan style dan gaya ala rumah eropa, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda sebuah tips medesign rumah kecil agar terasa lebih besar. Seperti yang kita ketahui rumah adalah tempat kita bernaung agar terhindar dari panas hujan dan cuaca dingin di luar, tipe - tipe rumah pun semakin bermunculan seperti yang kita bisa lihat di beberapa perumahan. Selaiin perumahan untuk anda yang tidak mau membuat rumah sendiri bisa memilih jenis rumah yang ada di apartemen, walaupun kecil namun apartemen biasanya sudah bisa mencangkup semua kebutuhan anda, seperti apartemen yang dekat dengan kota, sekolah, atau tempat bekerja anda.

Namun kelemahan apartemen adalah ukurannya yang kecil, tidak sama dengan ukuran perumahan atau membuat rumah sendiri, dan bisa dibilang rumah di apartemen khusus untuk satu orang saja, dan tidak cocok untuk keluarga. Namun anda tidak perlu khawatir dengan mendekor atau mendesign apartemen anda akan lebih terasa lega dan luas, tips design ini juga tidak hanya untuk apartemen saja, namun untuk anda yang memiliki rumah kecil dapat menggunakan tips di bawah ini, dengan memberikan sentuhan kecil pun rumah anda bisa terlihat berbeda dari sebelumnya. Nah berikut di bawah ini ada 6 cara untuk mendesign rumah kecil agar bisa terasa besar dan lega.

1. Tempat Penyimpanan Yang Kreatif
 Tempat Penyimpanan Yang Kreatif
Di setiap rumah pastinya di dalam ada beberapa furniture seperti kursi atau meja, yang di leatakan di dalam rumah tersebut, namun jika anda mempunyai rumah dengan ukuran yang kecil, pastinya meja dan kursi tersebut bisa menjadi masalah karena banyak sekali barang namun space tidak cukup, oleh karena itu anda harus pintar - pintar memilih furniturenya, contonya kursi. Pilihlah kursi yang bisa di lipat dan digantung, hal tersebut bisa menekan barang - barang yang ada di rumah anda. Selain itu buat ruangan khsusu untuk menyimpan furniture kreatif tersebut, jadi intinya gunakan furniture pada saat anda akan menggunakanya dan jika tidak digunakan, ada baiknya li;at dan simpan di tempat lain, atau digantungkan.

2. Pemilihan Furniture
Pemilihan Furniture
Kita tahu bahwa rumah kita mempunyai ukuran yang kecil, oleh karena itu pintar - pintarlah membeli beberapa furniture untuk rumah kecil anda sesuaikan dengan ukuran jenis rumah, seperti memilih meja set dengan kursinya, perhatikan pula bentuk meja tersebut apakah bulat, persegi, atau bentuk lain, selain itu perhatikan juga jumlah dari kursi yang akan anda beli, jangan berlebihan mengingat ukuran rumah anda kecil. Sekedar tips saja biasanya bentuk meja bulat dengan set kursi 3 sampai lima bisa menjadi pilihan untuk rumah kecil anda. Walaupun mejanya kecil namun jika anda mempunyai kreatifitas yang tinggi seperti menambahkan beberapa bunga atau aksesoris lain diatas meja tersebut. Bisa memberikan kesan lebih modern namun dinamis dan simpel.

3. Wisata Mata
Wisata Mata
Setiap orang pastinya ingin sekali mendapatkan pujian dari orang lain yang masuk ke rumah anda, dan orang tersebut merasa nyaman dan memberikan pujian pada anda. Oleh karena itu ada bagusnya anda membaut wisata atau maksudnya memberikan kenyamanan pada orang lain yang mengunjungi rumah anda. Salah satu tips agar para tamu bisa takjub dan merasa nyaman di rumah anda walaupun memiliki space kecil. Yaitu dengan memilih furniture dari kaca, seperti meja atau untuk kasesorisnya seperti vas bunga, memasang kaca di ruang tamu pun bisa menjadi salah satu alternatif jika anda sudah bosan dengan warna cat yang selalu ada di tembok - tembok rumah.

4. Buat Ruang Multifungsi
Buat Ruang Multifungsi
Seperti yang kita tahu biasanya dirumah - rumah kecil pastinya tidak terlalu banyak ruang yang ada di dalamnya, mungkin cuman ada ruang - ruang penting seperti wc, ruang keluarga, kamar tidur. Oleh karena itu wajib untuk anda membuat ruang yang multifungsi, biasanya ruang yang bisa di modifikasi hal tersebut adalah ruang keluarga, yang bisa dijadiakan ruang tamu atau juga bisa mejadi tempat tidur. Rumah - rumah modern diluar negeri pun sekarang sudah tidak ada runag untuk tidur atau kamar tidur, biasanya mereka mengguanakan hide bed yang bisa di satukan di tembok. Untuk membuat spcae lebih luas dan lega.

5. Bermain Dengan Refleksi
 Bermain Dengan Refleksi
Seperti yang sudah dijelaskan tadi di poin ke 3 bahwa jika anda sudah bosan dengan tembok yang dihiasi dengan cat warna, gunakanlah cermin besar untuk hiasan pada temobok anda. Selain bisa menjadi aksesoris dan hiasan kaca yang ada di tembok pun bisa memberikan efek refleksi yang membuat rumah kecil anda terasa lebih besar dan luas. Untuk penempatanya sendiri ada baiknya simpan di ruang tamu atau ruang keluarga, atau juga lemari yang memiliki kaca di depannya. Selain bisa menjadi tempat merias diri anda, lemari tersebut bisa menjadi tempat menyimpan baju - baju yang digunakan oleh anda setiap harinya.

6. Buang Barang Yang Tidak Perlu
Buang Barang Yang Tidak Perlu
Secara logika ketika di sebuah ruangan banyak barang dan anda ingin ruangan tersebut menjadi leluasa atau dengan kata lain besar, solusinya tinggal anda buang barang - barang yang tidak perlu di rumah tersebut. Hal ini sama dengan ketika anda mempunyai rumah yang rungan atau spacenya kecil. Namun sebelum barang tersebut di keluarkan atau dibuang pertimbangkan terlebih dahulu barang tersebut masih bisa dipakai atau tidak terutama untuk jangka panjang.

7. Pilih Warna Yang Cerah
Pilih Warna Yang Cerah
Warna cerah seperti warna putih, pink, biru muda adalah beberapa warna cerah yang mampu membuat sebuah ruangan menjadi lebih luas dan lega. Jadi jika anda mempunyai rumah baru dan belum di cat usahakan untuk memilih warna catnya berwarna cerah, selain itu juga tidak hanya dinding rumah saja yang harus anda perhatikan, pemilihan warna dari furniture pun harus nanda perhitungkan karena jika warna dinding sudah cerah sedangkan anda memilih furniture kebanyakan mempunyai warna gelap maka keserasian di dalam ruangan pada rumah anda pun tidak akan sempurna, oleh karena itu usahakan untuk menyesuaikan warna dari mulai dinding dan furniture di dalam rumah anda.

8. Menggunakan Jasa Ahli Desain Rumah
Menggunakan Jasa Ahli Desain Rumah
Selanjutnya adalah menggunakan jasa orang desain yang khusus bisa mendesain rumah, untup tips yang satu ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang mempunyai budget lebih. Karena tentunya menggunakan jasa desain rumah atau arsitek tentunya membutuhkan biaya tambahan. Namun begitu anda bisa menyampaikan pendapat anda bagi rumah anda kepada designer tersebut, dan nantinya si designer akan mencari solusi untuk masalah rumah anda dan terkadang dia pun akan menambahkan hal - hal yang bagus pada rumah anda.

9. Rapatkan Dengan Dinding Rumah
Rapatkan Dengan Dinding Rumah
Selain memilih furniture yang mempunyai ukuran kecil namun tetap nyaman atau memilih furniture yang memiliki dua fungsi, anda pun harus tepat menyimpan furniture tersebut di dalam rumah anda agar tampilan dalam dari rumah anda bisa terlihat lebih rapih dan lebih luas. Salah satu trik agar rumah anda terasa lebih luas yaitu simpan furniture ke dinding, dengan kata lain rapatkan furniture pada dinding rumah anda terutama untuk bagian kursi, sofa, atau meja. Walaupun furniture anda memiliki ukuran yang besar setidaknya jika furniture tersebut di simpan di dekat dinding ada ruang gerak yang cukup lega pada bagian tengah rumah anda.

10. Gunakan Karpet Untuk Membuat Area
Gunakan Karpet Untuk Membuat Area
Tips yang satu ini sangat cocok sekali untuk anda yang tinggal di sebuah apartemen, terkadang ruangan di sebuah apartemen tidak seluas rumah pada umumnya, tentu anda harus memutar otak untuk membuat ruang di dalam apartemen anda terasa lega dan nyaman. Salah satu caranya yaitu memakai karpet, dengan menggunakan karpet untuk setiap kursi atau meja bisa memberikan kesan seolah - olah ada banyak area di ruang apartemen anda.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa anda gunakan pada rumah atau apartemen kecil, sebetulnya masih banyak lagi tips - tips untuk mendekorasi atau mendesign rumah kecil agar bisa terlihat besar dan lega. Yang terpenting bagi anda yang mempunyai rumah dengan space yang kecil, harus pintar - pintar menempatkan furniture dan pemilihan furniture juga. Selain itu kreatifitas anda pun harus dituangkan di rumah anda, agar rumah tersebut lebih nyaman digunakan oleh anda sendiri atau oleh orang lain yang berkunjung ke rumah tersebut.

1 Response to "10 Cara Mendesain Rumah Kecil Agar Terlihat Besar dan Lega"