10 Cara dan Tips Menghindari Pencurian Sepeda Motor

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah tips seputar otomotif yaitu, cara agar motor irit dan bertenaga, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada seputar tips yang mungkin saja akan bermanfaat bagi anda, yaitu tips terhindar dari curanmor, atau yang sering kita bilang pencuri motor. Seperti yang sudah di katakan sebelumnya, sepeda motor di Indonesia pertumbuhannya tahun ke tahun semakin meningkat, mungkin karena harganya yang tidak terlalu mahal, dan juga tahun ke tahun pabrik motor di Indonesia seperti Yamaha, Suzuki, atau juga Honda selalu mengeluarkan produk terbarunya yang bisa memikat hati pelanggannya, makannya di kota - kota besar sering terjadi kemacetan, hal tersebut salah satunya di sebabkan karena tumbuhnya angka tinggi pengguna sepeda motor, dan jalanan di Indonesia sendiri tidak di perbaharui.
10 Cara dan Tips Menghindari Pencurian Sepeda Motor
Terlepas dari hal tersebut, sepeda motor sudah menjadi teman setiap masyarakat Indonesia, kita bisa tepat masuk kerja atau pergi ke suatu tempat dengan waktu yang tepat dengan bantuan sepeda motor. Sepeda motor sendiri adalah barang yang berharga, apalagi jika sepeda motor tersebut mempunyai harga yang tinggi seperti motor - motor sport. Setiap barang - baranga yang berharga pastinya akan ada hal negatif di sisinya, sepetinya dari motor yaitu pencuri motor. Sudah tidak dapat terhitung lagi kasus pencurian motor di Indonesia, hal tersebut terjadi karena ada beberapa faktor, salah satunya kita mungkin sering lupa untuk mengunci leher atau juga menempatkan motor di tempat - tempat yang enak untuk di curi. Nah ada beberapa tips yang bisa anda gunakan dan aplikasikan pada sepeda motor anda di bawah ini, untuk bisa menghindari pencurian motor yang bisa merugikan anda tentunya.

1. Kunci Stang
Beberapa kasus pencurian motor terjadi karena kesalahan para penggunanya sendiri, mereka lupa untuk mengunci stang karena terburu - buru atau juga lupa. Untuk anda yang suka memanaskan motor juga hati - hati harus terus di awasi, karena motor yang sedang menyala, sangat mudah sekali untuk di curi. Beberapa kasusu lupa mengunci stang sering terjadi di motor bebek dan juga sering terjadi pada motor matic, dan jarang sekali terjadi pada motor - motor besar.

2. Kunci Tambahan
Anda pun bisa menambahkan kunci tambahan yang sering di letakan di piringan motor rem cakram, seperti gembok atau yang lainnya. Tips ini sangat bermanfaat untuk anda yang mempunyai motor matic, karena beberapa motor matic yang keluarnya tahun lalu, sangat mudah untuk di curi, pencuri sering memaksa dan merusak kunci stang, dan beberapa kasus hal tersebut behasil, dan kunci stang pun rusak, dan selanjutnya motor pun bisa diambil dengan leluasa, oleh karena itu kunci motor tambahan sangat berguna bagi anda yang mempunyai motor matic terutama anda pun seorang perempuan. Ada bagusnya kunci tersebut berawarna cerah, agar terlihat oleh Anda sehingga tidak lupa membukanya ketika sepeda motor hendak digunakan.

3. Fitur Alarm
Untuk anda yang tidak mau susah payah untuk mengembok motor anda atau juga sampai di rantai motor anda, sekarang sudah hadir sebuah alarm untuk pengamanan sepeda motor, cara kerja alat ini sama saja dengan alat alarm yang suka ada di dalam mobil, jika motor ini di nyalakan atau juga kunci stanganya di rusak, alarm motor pun akan bejalan secara otomatis dan langsung memberikan suara yang cukup nyaring. Akan tetapi ada beberapa alat alarm yang tidak kuat dengan air, sehingga motor pun harus tetapi kering dan tidak boleh basah. Untuk harganya pun alarm sepeda motor ini bervariasi ada yang cukup murah dan sampai ada yang mahal, tergantung pada keamanan tinggi dan rendahnya alarm motor tersebut.

4. Kenali Lingkungan
Jika di tempat parkir yang anda menyinmpan motor terdapat cctv, usahakan motor anda tersorot oleh cctv tersebut, karena mungkin jika saja motor anda di curi orang, orang tersebut secara tidak langsung akan terlihat di kamera pengintai cctv. Dan untuk pencurinya sendiri akan berfikir dua kali untuk mencuir motor anda. Karena motor yang anda curi ada di atas pengawas cctv. Oleh karena itu kenali lingkungan tempat yang akan motor anda tempati.

5. Perhatikan Garasi Anda
Jika anda mempunyai garasi sendiri, coba untuk lebih perketat keamanannya seperti menempelkan cctv di luar dan di dalam garasi anda, dan ketika anda akan menyimpan motor anda usahakan untuk tidak langsung terlihat keluar, maksudnya anda bisa menyimpannya di belakan mobil anda terhalang oleh mobil anda atau juga terhalang dengan perabotan rumah seperti kardus - kardus yang suda tidak terpakai. Dan selalu mengecek kunci dari garasi anda, jika sewaktu - waktu kunci garasi anda rusak. Hal tersebut sama saja memudahkan untuk pencuri mencuri sepeda motor anda.

6. Beri Tanda Pada Motor Anda
Hal ini hanya untuk jaga - jaga, akan tetapi tips ini sangat berguna di kala motor anda raib di curi oleh pencuri sepeda motor. Anda bisa menandai motor anda, terutama di bagian - bagian yang suka di preteli untuk di jual kembali. Karena sistem dari pencuri motor yaitu, akan langsung di preteli menjadi seperti sper part dan dijual masing - masing ke toko sepeda motor, atau ke bengkel yang sudah berkerja sama dengan si pencuri tersebut. Dengan menandai anda pun bisa mengetahui bahwa sper part yang di jual toko tersebut dahulunya bagian dari motor anda yang di curi. Dan ada bagusnya ketika sudah di tandai anda bisa abadikana tanda motor tersebut bersama motor anda di dalam foto, untuk di jadikan bukti jika sper part motor tersebut atau motor tersebut adalah milik anda. Dan hal tersebut juga bisa membantu polisi untuk menyelidiki hilanganya motor anda.

7. Hindari Parkir di Ujung
Untuk selanjutnya usahakan ketika anda memarkirkan kendaran anda untuk ditempatkan di tengah - tengah kendaraan atau sebisa mungkin ada kendaraan lain di bagian kiri, kanan, depan, dan belakang. Tips ini sangat dianjurkan untuk anda yang sering menggunakan roda dua atau sepeda motor. Terkadang para pencuri akan kesulitan untuk membobol kendaraan yang ada di tengah - tengah. Dan sasaran yang empuk untuk para pencuri adalah kendaraan yang di parkir paling ujung dari deretan kedaraan yang sedang di parkir. Mereka sangat lihai sekali untuk meluruskan stang yang dikunci leher tanpa di ketahui oleh orang lain, walaupun di tempat tersebut sedang banyak orang lalu lalang. 

8. Parkir Dekat Dengan Jangkauan CCTV
Mungkin salah satu tips ini jarang diketahui dan juga jarang orang menggunakannya, ketika anda sedang belanja atau sedang membeli sesuatu di pinggir jalan usahakan anda memarkir motor dekat dengan kamera CCTV atau setidaknya jangkau kamera tersebut bisa melingkup motor anda. Tujuannya sendiri yaitu ketika motor anda tercuri setidaknya kamera dari CCTV akan menangkap muka dari pencuri tersebut dan juga plat nomor sepeda motor anda. Jadi pada intinya selalu parkirlah sepeda motor anda dekat dengan sebuah mall atau sebuah toko yang memang di pasang CCTV

9. Mengganti Lubang Kunci dan Kuncinya
Di zaman sekarang hanya sekedar mengunci setang pada sebuah motor belum bisa dikatakan aman karena banyak sekali para pencuri motor yang sudah tahu dengan hal tersebut dan tahu betul bagaimana agar motor tersebut bisa diambil olehnya. Jika anda mempunyai motor yang sangat berharga baik dari segi harganya atau juga sangat berarti sekali ada bagusnya ganti model kunci dari bawaannya dengan kunci bintang. Banyak orang yang sudah tahu bahwa kunci bawaan dari motor bisa diakali dengan kunci T namun jika model kunci tersebut di ganti belum tentu pencuri motor mempunyai alat untuk membukannya. Tips yang satu ini sangat berguna sekali bagi motor anda yang pada bagian lubang kuncinya tidak disediakan penutup kunci seperti kebanyakan motor zaman sekarang.

10. Gunakan Dua Standar
Ketika anda akan parkir dan meninggalkan motor tersebut di tempat parkir ada baiknya anda gunakan standar tengah dan biarkan standar samping menggantung, trik ini terkadang sangat manjur untuk mengelabuhi seorang pencuri motor. Terkadang pencuri yang sedang kepepet karena takut akan ketahuan oleh orang banyak tidak akan memperhatikan motor yang standar sampingnya dalam posisi menggantung. Dan biasanya pencuri akan lebih suka dengan motor dengan posisi yang mudah seperti standar samping saja. Jadi pada intinya selalu menggunakan dua standar ketika anda akan parkir di suatu tempat baik itu tempat yang ramai atau tempat yang sepi sekalipun.

Mungkin itu tadi beberap tips aman untuk menghindari pencuria motor, yang kini makin marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Dan mungkin saja di daerah anda pun bisa menjadi sarang untuk santapan para pencuri sepeda motor, setidaknya kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir terjadinya pencurian motor dengan cara - cara diatas tadi. Semoga cara diatas tadi bisa bermanfaat bagi anda yang mempunyai sepeda motor, terutama motor anda yang mempunyai nilai tinggi, dan anda pun tentunya ingin terhidar dari pencurian motor. Terima kaish sudah mengunjungi blog ini.

2 Responses to "10 Cara dan Tips Menghindari Pencurian Sepeda Motor"

  1. Ada baiknya Segera pasang pengaman tambahan yang tangguh , rekomendasi merk American Secure , ada video demonya di ⁣https://youtu.be/OXKE76Vgt_c

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus