10 Tips Dan Cara Mudah Mengganti Oli Sepeda Motor Sendiri

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah tips dan juga informasi seputar cara memanaskan motor injeksi dengan benar, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda sebuah tips cara mengganti pelumas atau juga oli untuk sepeda motor dengan benar. Untuk anda yang memiliki sepeda motor sudah tidak asing lagi dengan oli, oli sangat berpengaruh sekali pada kecepatan dan performa pada motor anda, banyak orang yang mengabaikan penggantian oli secara rutin padahal penggantian oli secara rutin sangat berpengaruh pada kelangsungan mesin motor anda, apalagi untuk anda yang suka bepergian jauh untuk bekerja atau untuk mengunjungi seseorang.
10 Tips Dan Cara Mudah Mengganti Oli Sepeda Motor Sendiri
Mungkin bagi beberapa kalangan penggantian oli mesin jarang sekali di lakukan atau malah tidak teratur pada saat penggantian oli mesin. Sedangkan mesin sudah ingin sekali mengganti oli lama karena sudah kotor sehingga performa dan juga kelangsungan mesin anda bisa terganggu. Mungkin anda pernah melihat orang yang mengendarai motor namun pada bagian knalpotnya mengeluarkan asap sedangkan motor yang digunakan bukan motor 2 tax. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor salah satunya adalah jarang mengganti oli mesin.

Fungsi oli adalah menjaga tingkat kehausan pada mesin anda, karena di dalam mesin banyak sekali gesekan antara mesin yang harus di jaga. Anda pun bisa mengidentifikasi jika oli atau pelumas harus diganti, salah satunya anda bisa merasakan tenaga yang lambat dari tenaga semulanya. Dan jika di buka tempat oli, oli tersebut berwarna hitam pekat, dan juga lebih encer dari pada oli baru.

Walaupun pada dasarnya informasi penggantian oli harus secara berkala yang bisa anda lihat dibuku service, namun tidak jarang pengguna motor kurang memperhatikan hal tersebut, jika motor sudah dirasa kurang nyaman ada gangguan baru biasanya pemilik motor akan membawa motornya ke tempat service. Setiap 2.500 kilometer adalah angkat dimana pemilik motor harus mengganti oli pada mesin motornya, namun jika dibiarkan atau diabaikan maka imbasnya mesin motor akan menurun performanya dan tentunnya akan mengganggu kenyamanan berkendara anda.

Nah untuk anda yang tidak bisa mengganti oli sepeda motor, mungkin tempat - tempat sevice motor bisa menjadi pilihan anda, namun anda harus merogok kocek lebih karena harus membayar para petugas servicenya. Nah untuk anda yang ingin belajar dan berhemat, di bawah ini ada cara mengganti oli atau pelumas sepeda motor dengan baik dan benar.
  1.  Ada baiknya ketika anda akan mengelurkan oli pada motor anda dalam keadaan panas, atau sudah digunakan, karena hal tesebut akan memudahkan keluarnya oli, dan juga kotoran - kotoran dalam mesin bisa keluar dengan bersih.
  2. Anda bisa mengelurkan oli anda dengan menggunakan posisi standar samping, agar oli bisa keluar semua, dan jangan lupa tampung oli di wadah yang sudah anda sediakan sebelumnya. Biasanya baut untuk membuka oli ada di bagian mesin bawah kiri.
  3. Cara agar lebih bersih keluarnya oli pada mesin anda yaitu dengan cara menghembuskan udara kompresor pada lubang pengisian. Atau anda bisa menginjak kick stater secara berulang ulang untuk melunturkan pelumas atau oli yang masih menempel di mesin motor.
  4. Buka dan cabut saringa pelumas, dan cuci sampai bersih lalu pasang lagi, da njangan lupa pasang dengan kencang baut penutup pembuangan.
  5. Setelah itu anda bisa mengisikan pelumas pada bak mesin, sesuai dengan takaran yang sudah di sediakan, dan jangan lupa pasangan baut pengukur.
  6. Sesudah itu anda bisa menyalakan motor anda, dan biarkan stasioner naik dan bersirkulasi dengan baik di dalam mesin motor anda.
  7. Setelah itu anda tegakkan posisi motor anda, dan cek semua baud yang tadi di buka, kencangkan bila belum di kencangkan. Dan motor pun siap digunakan lagi.  
  8. Untuk selanjutnya ini hanyalah tambahan yaitu juga anda menggunakan kompresor pada saat penggantian oli ada baiknya pastikan alat tersebut sudah dilengkapi dengan filter yang dimana mempunyai fungsi untuk menyaring uap. Sebab uap air sendiri sering menempel pada bagian mesin sehingga mesin bisa terkena korosi.
  9. Selain tips diatas yang harus anda lakukan ada juga tips yang harus anda hindari yaitu hindari membuka baut pembuangan oli ketika mesin motor masih panas atau baru saja berhenti, baut yang terbuat dari besi tentu berada dalam keadaan memuai karena panas dari mesin sehingga jika dipaksakan untuk dibuka, uir baut akan cepat rusak
  10. Selain rutin mengganti oli pada sepeda motor anda ada baiknya juga anda membersihkan atau mengganti filter oli setiap 12.000 km. Tentu dengan rutin mencek atau membersihkan filter oli kotoran pada mesin bisa terbuang dengan sempurna.
Demikian tadi tips dan informasi cara mengganti pelumas atau oli dengan benar dan baik unutk sepeda motor, cara diatas harus di lakukan dengan benar, agar penggantian oli bisa maksimal dan juga motor bisa kembali ke performanya seperti dari pabrikan. Sebenarnya jika anda belajar, dan ingin mencari tahu semuanya akan bisa sendiri tanpa bantuan orang lain, atau mengandalkan orang lain, sama halnya dengan cara menganti pelumas atau oli pada sepeda motor.

Dengan mengganti pelumas atau oli motor oleh anda sendiri, maka seara tidak langsung anda pun sudah hemat pengeluaran pada motor anda, karena mungkin jika anda membawanya ke bengkel untuk mengganti oli motor harus bayar olinya sekaligus pekerja di bengkel tersebut. Selain itu jika anda tahu lebih banyak dengan motor anda sendiri terutama pada bagian mesin, maka sewaktu - waktu jika motor anda mogok, anda tidak perlu khawatir atau panik, karena anda sudah tahu seluk beluk motor anda sendiri. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

0 Response to "10 Tips Dan Cara Mudah Mengganti Oli Sepeda Motor Sendiri"

Posting Komentar