Ini Dia 10 Syndrome Yang di Akibatkan Memegang HP Terlalu Lama

Ponsel atau bahasa anak zaman seakrang sering menyebutnya dengan hp adalah alat komunikasi yang mungkin sudah mewabah di dunia ini, dari anak kecil sampai orang dewasa rata - rata sudah bisa mengoperasikan alat ini, selain berguna untuk menghubungkan kita pada orang jauh, ponsel juga membawa hal negatif seiring perkembangan teknologi dan zamannya. Seperti yang kita ketahui ponsel zaman sekarang sudah sangat berbeda dengan zaman pada saat kemunculannya, smartphone atau bisa disebut dengan ponsel pintar adalah era dimana zamannya ponsel sekarang, dengan smartphone, kita bisa melakukan aktivitas sepeti chatting video call, atau sekedar browsing.
Ini Dia 10 Syndrome Yang di Akibatkan Memegang HP Terlalu Lama
Di sisi kegunaannya smartphone atau yang sering kita sebut dengan HP adalah salah satu alat yang sangat berguna sekali, beberapa pekerjaan seperti contohnya bisnis di zaman sekarang kita tidak perlu lagi tempat cukup membuat produk yang anda akan jual dan cukup promosikan dengan menggunakan smartphone di media sosial terutamanya banyak sekali orang yang akan melihatnya, untuk mengirimkannya pun tinggal menelpon atau mengirim text entah itu pesan atau chat. Selain itu juga smartphone di zaman sekarang tidak memandang usia anak yang masih duduk di bangku SD pun ada yang sudah diberikan smartphone oleh orang tuanya di sisi lain si anak bisa diawasi dengan cara di telepon oleh orang tuanya namun di sisi lain ada hal yang negatif jika smartphone tersebut digunakan dengan cara yang tidak benar.

Namun jika smartphone tersebut digunakan untuk hal - hal yang negatif atau tidak baik, mungkin saja pengguna dari ponsel tersebut bisa terjerumus atau melakukan tindakan yang tidak bagus terhadap dirinya sendiri atau pada orang lain. Selain itu kebiasaan - kebiasaan yang selalu kita lakukan pada saat menggunakan ponsel pun ternyata bisa membuat tubuh kita sakit dan mungkin lebih buruk dari sakit.

Salah satu kebiasaan yang cukup buruk dan juga bisa membahakan jiwa anda adalah ketika anda berkendara sambil menggunakan HP, entah itu menelpon atau melakukan hal lain. Sudah banyak sekali kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena salah satu penyebabnya adalah orang menggunakan ponsel pada saat mengemudi. Mungkin anda berfikir tidak apa - apa ketika menerima telpon atau menelpon seseorang dengan menjepit telpon ke dalam helm. Namun sebenarnya hal tersebut sangat membahayakan sekali bagi jiwa anda, apalagi jika anda berboncengan. Oleh karena itu usahakan untuk tidak menggunakan ponsel pada saat berkendara baik roda dua, atau roda empat. Nah apa saja hal - hal yang membuat tubuh kita menjadi sakit akibat penggunaan ponsel, berikut ulasannya.

1. Text Claw
Ini bukan nama resmi sebuah penyakit namun nama text claw ini menggambarkan gejala nyeri pada bagian pergelengan tangan yang mungkin beberapa orang mungkin pernah mengalami hal ini. Bagaimana nyeri tersebut bisa terjadi, salah satu alasannya yaitu pada saat anda mengoperasikan ponsel dengan satu tangan dan biasanya yang bekerja dari tangan anda adalah ibu jari seperti untuk mengetik pesan, bermain game, atau sekedar browsing namun dengan intensitas yang cukup lama.

Padahal posisi ibu jari pada saat mengoperasikan ponsel bukanlah posisi yang benar, oleh karena itu anda akan merasakan nyeri pada bagian pergelangan tangan. Lebih jauh lagi jika kebiasaan tersebut terus dilakukan bisa jadi sakit seperti tendonitis, sebuah penyakit semacam radang pada otot tendon bisa terjadi pada anda, tendonitis cukup berbahaya karena bisa membuat sakit pergelangan, mati rasa, hingga seakan tangan lemas kehilangan kekuatan.

2. Cell Phone Elbow
Terlalu lama memegang ponsel juga bisa membahayakan tangan anda, karena tekukan pada saat memegang ponsel cukup bisa mengggangu peredaran darah di sekitar tangan terutama pada jari. Untuk anda yang sering kesemutan pada area tangan mungkin salah satunya adalah memegang ponsel dengan durasi yang cukup lama. Selain kesemutan jika anda sering melakukan hal tersebut mungkin kedepannya bisa mengakibatkan peredaran darah sulit mengalir, hingga gangguan syaraf.

3. Text Neck
Pada saat kita mengoperasikan ponsel pastinya mata dan leher kita ke bawah dan tertuju pada layar ponsel, hal tersebut jika di lakukan dengan waktu yang cukup lama, cukup membuat leher anda bisa pegal dan juga akan terasa sakit jika di gerakan. Dan jika dalam jangka waktu lama anda terus - terusan menggunakan ponsel dengan durasi lama mungkin saja postur tubuh anda bisa bergeser dari tempat asalnya terutama di bagian tulang punggung.

4. Computer Vision Syndrome
Jika anda pernah merasakan pusing dan mual pada saat menatap layar komputer dengan jangak waktu yang cukup lama, mungkin hal tersebut bisa terjadi juga pada saat anda lama menatap tablet atau smartphone anda. Computer Vision Syndrome atau yang disebut dengan Digital Eye Strain adalah sebuah syndrome atau masalah pada penglihatan karena lama menatap layar, jika anda sering melakukan hal tersebut kedepanya anda bisa terserang mata kering, pedas, penglihatan kabur, pusing, hingga sakit leher dan punggung.

5. Nomophobia
Nomophobia atau singkatanya adalah no mobile phone phobia, adalah ketakutan atau kecemasan pada saat seseorang tidak memegang sebuah ponsel atau tidak sedang bersama ponselnya, syndrome ini hampir sama dengan orang yang sudah mengkonsumsi narkoba mereka akan kecanduan dan juga ingin terus menghisap atau mengkonsumsi narkoba. Sama dengan orang Nomophobia yang ingin terus bersama dengan ponselnya, atua setidaknya kelihatan dengan mata ponsel mereka berada.

6. Phantom Pocket Vibration Syndrome
Mungkin ini adalah syndrom yang tidak terlalu mengkhawatirkan namun cukup menggangu , syndrom ini membuat anda merasakan ponsel bergetar di bagian saku celana, padahal ponsel anda sendiri tidak ada notifikasi sekali pun. Bahkan ada orang yang merasakan getaran pada pahanya akibat ponsel padahal dia tidak membawa ponselnya sendiri.

7. Gangguan Tidur
Untuk anda yang masih melakukan bad habit seperti tidak mematikan ponsel dan membiarkan ponsel menyala dan di tempatkan di dekat anda pada saat tidur, mungkin mulai sekarang hal tersebut rubah. Karena insomnia atau gangguan pada saat tidur bisa terjadi akbiat radiasi dan juga medan magnetik di sekitar ponsel yang membuat anda susah untuk tidur. Selain insomnia penyakit - penyakit lain pun bisa berdatangan jika anda tidak merubah pola tersebut seperti pikun atau penyakit tidur lainnya.

8. Kecanduan 
Berbeda dengan zaman dulu dimana sebuah HP hanya bisa dipakai untuk menelpon dan mengirim SMS saja, namun dengan berkembangnya teknologi kini HP atau mungkin di zaman sekarang sering dibilang dengan smarpthone sudah banyak mempunyai fitur dan fungsi, kini kita bisa menonton video, memutar musik, bahkan berselancar di dunia internet. Dengan banyaknya fitur dan kaya akan fungsi membuat orang yang menggunakannya akan kencanduan, setiap menit atau bahkan setiap detik orang di zaman sekarang akan selalu mengecek atau melihat HPnya. Bahkan ada beberapa orang yang akan gelisah jika satu hari saja tidak memegang HP.

9. Kurang Peduli Pada Lingkungan Sekitar
Mungkin poin yang ke 9 ini bukan masuk ke dalam syndrom namun tetap hal ini patut anda perhatikan terutama untuk anda yang suka susah lepas dari smartphone, yaitu kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Mungkin sudah tidak terhitung jumlah orang yang terluka atau meninggal karena mereka fokus pada smartphonenya namun mengabaikan lingkungan sekitar, ada yang tertabrak, ada yang jatuh sampai ada yang menabrak benda di depannya adalah beberapa contoh yang kerap terjadi pada pengguna HP yang selalu aktif menggunakan HP sendiri.

10. Mengurangi Produktivitas
Selanjutnya orang yang sering main HP produktivitasnya sehari hari akan menonoton bahkan tidak akan melakukan hal apapun selain menatap layar HP. Hal ini sangat merugikan pada diri sendiri, dari pada anda terus menerus melihat layar HP membuka media sosial atau browsing hal yang tidak perlu lebih baik lakukan yang produktif yang tentunya bisa menguntungkan diri anda sendiri atau bahkan menguntungkan orang lain di sekitar anda.

Mungkin itu tadi beberapa penyakit atau syndrom yang bisa timbul dan terjadi pada tubuh anda akbiat menggunakan atau mengoperasikan ponsel dengan waktu yang cukup lama, semua hal yang berlebihan pasti ada sisi negatifnya, hal tersebut juga berlaku pada penggunaan ponsel. Ada baiknya gunakan ponsel anda dengan bijak, dan yang terpeting jika ingin mengobrol atau curhat ada bagusnya temui orangnya daripada mengobrol atau curhat melalui ponsel.

Demikian tadi beberapa syndrom atau bisa disebut dengan penyakit ketika kita tidak bisa kehilangan sebuah telepon genggam atau sering kita sebut pada zaman sekarang adalah smartphone. Mungkin beberapa orang tidak terlalu mementingkan hal tersebut namun secara tidak sadari kita pun pernah mengidap syndrom tersebut, salah satunya ketika kita lupa menaruh ponsel kita, sedangkan anda harus membalas atau harus mengabari seseorang yang jauh. Rasa kehilangan sebuah smartphone pun bisa anda rasakan ketika mengalami kejadian tersebut, selain itu faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang menderita beberapa syndrom diatas adalah ketika orang tersebut sangat tergantung sekali pada sebuah gadget atau smartphone. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

0 Response to "Ini Dia 10 Syndrome Yang di Akibatkan Memegang HP Terlalu Lama "

Posting Komentar