12 Cara Mudah Agar Bisa Tidur Dengan Cepat Dan Nyenyak

Insomnia adalah salah satu keadaan dimana seseorang tidak mempunyai rasa mengantuk walaupun sudah larut malam, gejala kelainan dari tidur ini bisa terjadi pada perempuan atau juga pria, biasanya hal ini atau gejala ini bisa terjadi karena anda sering sekali begadang atau terlalu banyak mengkonsumsi kopi, selain itu faktor lain seperti pola hidup dan pola tidur dan pola makan pun bisa menjadi salah satu alasan kenapa anda bisa terserang dengan gejala kelainan dari tidur yaitu, insomnia. Pada dasarnya untuk menghilangkan insomnia ini sangatlah mudah, yang paling mendasar adalah ganti gaya hidup jelek anda setiap harinya seperti makan - makanan yang berlemak atau junkfood.
10 Cara Mudah Agar Bisa Tidur Dengan Cepat Dan Nyenyak
Selain itu olahraga teratur juga bisa membuat tidur anda lebih nyenyak dan pada saat bangun pagi tubuh anda pun lebih fresh dan lebih segar, namun jika insomnia anda sudah akut dan mungkin susah untuk di hilangkan, di bawah ini ada beberapa tips dan cara yang mungkin bisa anda coba untuk menghilangkan insomnia. Berikut informasi selengkapnya.

1. Atur Suhu Ruangan
Untuk yang pertama aturlah suhu di dalam ruangan anda, karena jika suhu di dalam ruangan anda tidak sesuai atau juga mengganggu pada badan anda, bisa membuat anda kesulitan untuk tidur, oleh karena itu jika di rumah anda mempunyai suhu cukup tinggi terutama yang tinggal di kota - kota besar ada baiknya gunakan AC atau juga buat kamar anda lebih nyaman lagi dengan menambahkan ventilasi udara. Sebaliknya jika anda tinggal di daerah dingin maka beli beberapa baju yang tebal atau juga perbanyak kaos kaki dan juga sarung tangan untuk menghangatkan badan anda.

2. Hindari Suara Berisik
Suara yang berisik atau mengganggu tentu akan membuat anda tidak bisa tidur, oleh karena itu jika di dalam kamar tidur anda ada TV atau perabotan elektronik yang masih menyala dan mengeluarkan suara baik itu suara kecil atau besar ada baiknya anda matikan semua. Karena satu suara saja waluaupun itu kecil bisa mengganggu konsentrasi untuk tidur, Mungkin juga selama ini anda tidak bisa tidur dikarenakan suara - suara dari barang elektronik yang selama ini masih menyala.

3. Posisi Tidur
Untuk tips yang satu ini bagaimana keseringan orang sedang tidur, beragam orang bisa nyenyak untuk tidur, ada yang suka dengan bantal yang agak tinggi atau yang biasa saja, atau juga ada yang suka menggunakan bantal guling sebagai pelengkapnya. Jadi pada intinya ciptakan posisi tidur yang membuat anda bisa nyaman dan nyenyak untuk tidur.

4. Mengatur Tata Letak Barang
Selain dari posisi tidur ada juga orang yang bisa nyaman dan nyenyak untuk tidur jika barang - barang yang ada di dalam kamar tidurnya ditempatkan sesuai dengan keinginanya, jika anda termasuk orang seperti tadi mungkin dengan melakukan hal seperti tadi bisa membuat anda lebih nyenyak., Biasanya ketika anda pindah rumah atau membeli rumah baru, barang - barang yang baru di beli atau baru di pindahkan bisa anda taruh sesuai dengan keinginan anda, terutama di bagian kamar tidur.

5.  Pikirkan Hal Yang Menyenangkan
Bayangkan anda di pantai sendirian duduk di pinggir pantai di temani dengan segelas jus, pikirkan hal tersebut pada saat akan tidur. pikiran yang bisa membuat anda senang adalah salah satu tips lainnya yang bisa membuat anda lebih rileks pada saat tidur. Penelitian pun menyebutkan bahwa membayangkan hal yang menenangkan bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Jadi pikirkan hal - positif yang bisa membuat anda lebih tenang pada saat akan tidur.

6. Kenali Kebiasaan Anda
Untuk yang satu ini berhubungan dengan kebiasaan anda atau jadwal anda tidur, jika belum mempunyai jadwal tidur ada baiknya anda buat. Usahakan berikan waktu tidur anda 6 jam lebih. Jadi usahakan semua aktivitas anda harus tuntas kurang lebih pada jam 9 karena jam 10 nya anda harus tidur dan bangun pada jam 5, dengan jadwal seperti itu kualitas tidur anda pun akan baik dan pada waktu bangun pun tubuh anda akan lebih segar bugar kembali. Kebanyakan orang - orang pada zaman sekarang selalu membawa gadgetnya ke tempat tidur, dan hal tersebut sangat mengganggu proses tidur anda.

7. Membaca
Selain bisa membuat mata anda menjadi lelah, dengan membaca juga anda bisa menambah ilmu atau mendapatkan pengalaman dalam hal apapun. Ketika mata anda susah untuk di pejamkan membaca bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut adalah dengan membaca, mau itu membaca novel atau buku - buku pelajaran terserah anda, karena dengan membaca banyak membuat mata kita lelah dan rasa kantuk pun muncul sehingga anda pun bisa tidur dengan pulas dan nyenyak. Namun perlu di ingat jangan membaca sambil tidur karena mata anda bisa rusak, dan usahakan untuk duduk pada saat membaca.

8. Hindari Tidur Siang
Untuk orang yang tidak mempunyai Insomnia sekali pun jika orang tersebut sudah pernah tidur siang maka setidaknya orang tersebut akan terganggu pada malam hari untuk tidur, apalagi jika anda yang sudah mengidap insomnia. Oleh karena itu usahakan untuk tidak tidur siang walaupun badan anda sudah lemas atau juga ada hasrat untuk tidur usahakan untuk melawannya seperti minum kopi atau ngobrol dengan teman serta keluarga anda. Walaupun tidur siang mempunyai manfaat yang bagus seperti contohnya mampu mengistirahatkan otak sejenak ketika anda mempunyai pekerjaan yang berat, namun bagi anda yang mempunyai masalah tidur malam lebih baik jangan tidur siang.

9. Minum Air Putih Atau Susu
Salah satu faktor kenapa orang susah untuk tidur salah satunya yaitu karena dehidrasi atau singkatnya tubuh sangat membutuhkan air, karena air di dalam tubuh sudah kelua melalui keringat pada waktu di siang hari. Oleh karena itu ada baiknya anda perbanyak minum setiap hari karena idealnya kita wajib mengkonsumsi air sebanyak 2 liter atau 8 gelas, dengan mengkonsumsi air seperti diatas kesehatan tubuh pun akan terjaga dengan baik. Selain itu jika anda bosan dengan air putih tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi susu sebelum tidur, karena kebanyakan orang akan cepat tidur pada saat sudah meminum susu.

10. Mandi Dengan Air Hangat
Selanjutnya anda bisa mandi dengan air hangat, tips ini sangat cocok sekali untuk anda yang mempunyai pekerjaan sampai malam hari, ketika anda sudah tiba dirumah pulang dari kantor anda bisa mandi dengan menggunakan air hangat, uap dari air hangat sangat baik sekali untuk memberikan rasa rileks dan bisa merileksasikan otot dan saraf yang ada di dalam tubuh, sehingga anda pun bisa tidur dengan cepat dan nyenyak. Selain itu anda juga bisa merendam badan anda di air hangat dengan campuran bunga mawar agar lebih membuat anda merasa nyaman dan rileks.

11. Hindari Mengkonsumsi Kafein
Salah satu penyebab kenapa kita susah tidur yaitu terlalu sering mengkonsumsi kafein dengan kata lain anda mungkin terlalu banyak minum kopi. Oleh karena hentikan atau hindari mengkonsumsi kafein dalam bentuk apapun selain kopi seperti teh,minuman energi, soda, bahkan permen cokelat. Setidaknya jangan menkonsumsi makanan diatas tadi 8 jam sebelum tidur

12. Hindari Memainkan Gadget
Anda tidak bisa tidur jika melihat atau melakukan sesuatu salah satunya yaitu bermain HP atau laptop. Terkadang ada beberapa orang yang beranggapan jika mereka susah tidak bermain gadget bisa membuat tidur hal tersebut tentu salah bukannya anda mengantuk namun anda akan tetap tidak bisa tidur. Oleh karena itu hindari memainkan gadget ketika anda tidur selain itu matikan lampu kamar tidur agar hormon alami pada tubuh anda yaitu Melatonin bisa bekerja dengan baik sehingga anda pun bisa tidur nyenyak.

Terkadang memiliki insomnia membuat jengkel ketika orang lain sudah tidur anda sendirian belum tidur dan pada saat orang lain bangun untuk menjalankan aktivitas sehari - hari, anda malah masih tidur karena insomnia tadi, semoga dengan tips dan trik diatas bisa membuat anda lebih bisa cepat tidur dan nyenyak pada saat tidur. Terima kasih sudah mengujungi blog ini.

2 Responses to "12 Cara Mudah Agar Bisa Tidur Dengan Cepat Dan Nyenyak"

  1. www,s1288poker,com: Bandar Taruhan Poker online yang menyediakan layanan mirip dengan salah satu permainan situs jejaring sosial yang telah banyak dimainkan dan diminati di Indonesia dan kami. Melakukan semua trasaksi menggunakan mata uang rupiah, Hanya dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Saja dan Minimal Withdraw Rp.20.000, anda sudah dapat menikmati permainan poker dari kami. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus