11 Cara Bagaimana Agar Motor Irit Bensin dan Tetap Bertenaga

Semua orang pastinya mempunyai kesibukan sendiri di luar rumahnya, entah itu belajar untuk anak - anak, atua juga bekerja dan cari uang untuk orang dewasa. Banyak sekali profesi atau pekerjaan yang bisa anda pilih dan sesuai dengan bakat dan keahlian anda masing - masing, dan kebanyakan di kota yang maju masyarakatnya mempunyai pekerkjaan di sebuah perusahaan. Dan tidak sedikit orang yang membawa kendaraannya ke kantornya atau juga perusahaanya entah itu kendaraan mobil atau juga motor.
11 Cara Bagaimana Agar Motor Irit Bensin dan Tetap Bertenaga
Kendaraan seperti itu sangat di perlukan untuk bisa tiba di pekerjaan anda, terutama untuk anda yang mempunyai rumah yang jauh dari kantor anda. Tidak sedikit orang yang beralih menggunakan motor dari pada mobil. Karena seperti di kota - kota besar seperti Jakarta pada jam kerja jalanan sangat macet, dan sangat tidak mungkin untuk menggunakan mobil, dan pada akhirnya masyarakat sangat suka dengan sepeda motor. Tidak hanya bisa membantu untuk pergi ke suatu tempat, akan tetapi bisa masuk di antara kemacetan di jalan.

Banyak sekali pabrikan motor yang ada di Indonesia, dan di antaranya adalah Yamaha, Suzuki, Honda. Motor matic adalah salah satu tipe dari motor yang banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia, sebuah motor yang dulunya di peruntunkan bagi wanita, kini malah pria pun banyak yang menggunakannya. Karena mungkin sangat mudah untuk di jalankan, mengingat motor matic mempunyai gigi otomatis, dan tidak sama dengan motor bebek atau yang lainnya yang harus di over giginya dengan manual.

Dan pada akhirnya para perusahaan motor berlomba - lomba untuk membuat sebuah motor yang bisa berjalan dengan baik, cepat, dan juga irit. Mengingat bahan bakar bensin di negara ini kemari naik, jadi anda bisa mensiasati dengan beberapa modifikasi kecil pada motor anda untuk membuat motor anda irit akan tetapi bertenaga sewaktu di jalankan di jalan raya.

1. Setel Klep Dengan Baik
Klep yang longgar atau juga rapat akan bisa mengganggu anda dalam perjalanan anda ketika menggunakan motor anda sendiri, tidak hanya itu kebanyakan orang akan membetot tali gasnya dengan kencang, agar mendapatkan kecepatan yang diinginkannya. Hal tersebut sangat merugikan motor anda sendiri karena bahan bakar motor anda akan cepat habis, apalagi motor matic yang sangat boros jika anda terlalu banyak memainkan tali gas. Kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing-masing, agar motor anda pun bsia awet dan bertenaga walaupun di gunakan cukup lama.

2. Setel Kopling
Untuk anda yang mempunyai motor besar, pastinya sering menggunakan kopling, kopling keras sering sekali mengganggu kita di dalam perjalanan, terkait dengan borosnya bahan bakar, kopling juga harus di setel agar bisa nyaman digunakan oleh anda, dan tidak boros bensin. Pastikan stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Ini akan membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir, otomatis lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Cek juga kampas dari kopling agar jika habis anda bisa menggantinya ke bengkel terdekat.

3. Filter Udara
Setiap motor pastinya mempunyai filgter udara untuk mejaga suhu mesin dan juga mengalirkan angin di dalam motor. Untuk motor matic filter udara sangat rentan dan akan cepat kotor di bandingkan dengan motor yang biasa. Oleh karenanya anda harus menggantinya ketika filter tersebut sudah kotor apalagi sudah berlobang yang cukup besar. Untuk membersihkannya pun tidak hanya di bersihkan saja. Jenis filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Tidak hanya berefek pada hematnya bensin anda dengan membersihkan atau mengganti filter udara pun motor akan terasa enteng dari sebelumnya.

4. Cek Tekanan Ban
Mungkin hal ini terlihat tidak akan ada efeknya pada iritnya bensin, akan tetapi jika anda tidak mengecek tekanan ban sesuai dengan berat dari bobot motor anda, bahan bakar pun akan keluar dengan percuma. Karena ketiak ban kita tidak sesuai dengan mestinya seperti kempes, motor pun akan membutuhkan tenaga yang cukup besar di bandingkan dengan ban yang diisi oleh angin yang cukup. Dan secara tidak langsung bensin pun akan di sedot untuk memberikan tenaga extra pada mesin motor sampai 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.

5. Atur Jarak Main Rem
Jarak anda memainkan rem juga bisa berpengaruh pada irit dan borosnya bensin anda, tidak hanya itu jika anda bagus dan baik memainkan rem anda di jalan raya, anda pun bisa menjaga diri anda sendiri dan bisa meminalisir kecelakaan yang sering sekali terjadi saat ini. Anda bisa mengatur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Karena main tuas terlalu dekat akan membuat laju motor anda agak terhambat, dan jangan terlalu longgar juga karena berbahaya bagi anda sebagai penggunaa motor.

6. Tingkatkan Pengapian
Setiap mesin motor pastinya mempunyai busi, baik itu motor matic atau motor biasa, busi juga sangat berperan penting bagi kecepatan dan tenaga sebauh motor, anda bisa menambah percikan busi anda dengan cara mengadopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. Cara ini sudah terbukti bisa mempercepat laju motor anda dan juga mengiritkan bahan bakar anda. Dan motor anda pun tidak akan banyak mengkonsumsi bahan bakar terlalu besar.

7. Pelumas Oli
Ini adalah hal yang wajib anda ganti, oli atau juga pelumas ada baiknya anda ganti sebulan sekali jika motor anda digunakan setiap hari, akan tetapi jika motor anda jarang digunakan, seperti seminggu itu dua hari tidak digunakan mungkin anda bisa dua bulan sekali mengganti oli mesin motor anda. Ingat pengantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran yang lancar. Dan pada akhirnya mesin anda pun tidak banyak memakan bahan bakar terlalu banyak.

8. Kurangi Beban Motor
Pada dasarnya motor dari setelan pabrik sudah di kondisikan dan di sesuaikan dengan kecepatan dan kekuatan pada mesin motor. Namun untuk orang yang suka memodif motor pastinya sering gonta - ganti body, atau pada bagian ban. Jika memang body atau ban yang digunakan terasa berat lebih baik jangan digunakan karena bisa membebani motor anda, selain itu mesin pun akan extra untuk menjalankan motor karena beban motor yang bertambah.

9. Cek Kebersihan Karburator
Mungkin bagi anda yang paham dengan otomotif atau seluk beluk mesin sudah tidak asing lagi dengan salah satu bagian dari mesin motor ini yaitu karburator. Karburator sendiri sangat penting pada sebuah motor karena fungsi dari benda ini adalah untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara, dengan begitu karburator pun mampu membuat gas yang sempurna jika karburator tersebut bersih, namun sebaliknya jika karburator pada mesin kotor maka performa pada motor anda pun akan lemah dan juga kurang maksimal. Selalu cek kebersihan dengan cara membawanya ke tempat service adalah salah satu tips agar tenaga dan juga kelincahan motor tetap terjaga.

10. Service Secara Rutin
Selain mengganti, mengupradge, dan meningkatkan beberapa hal pada mesin, bagi anda yang ingin mendapatkan performa terbaik dan konsumsi bahan bakarnya yang irit yaitu dengan melakukan service secara rutin. Menservice motor anda secara rutin maka performa motor anda pun akan terjaga apalagi pada bagian service karburator. Ada baiknya anda perhatikan pada saat motor anda di service, pertama perhatikan service pada bagian karburator agar sampai tuntas, selain itu juga perhatikan pembersihan pada bagian head, klep, dan piston yang sering terlihat ada kerak. Dan terakhir perhatikan pembersihan pada bagian busi, dan jika busi harus diganti maka ganti saja.

11. Pilih Bensin Oktan Tinggi
Selanjutnya bahan bakar dengan oktan yang tinggi yaitu pertamax, banyak orang yang enggan menggunakan bensin jenis ini karena harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan premium. Namun mahalnya pertamax tentu ada hal yang bagus pula yaitu bensin jenis ini bisa membuat performa mesin motor lebih meningkat, terlebih lagi menggunakan pertamax lebih irit dibandingkan dengan jenis bensin lain, selain pembakaran pada bensin pertamax lebih sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan pun lebih besar. Dan plus lainnya ketika dan menggunakan bensin pertamax yaitu secara tidak langsung anda sudah membersihkan karbon sisa pembakaran karena pertamax sendiri memiliki sisa karbon yang lebih sedikit.

Mungkin itu tadi beberapa tips yang bisa anda gunakan dan juga aplikasikan pada motor anda agar motor anda bisa awet bensinnya akan tetapi sebaliknya motor anda pun bisa bertenaga dengan cukup kencang ketika di jalankan di jalan raya. Bagusnya jika anda tidak tahu banyak soal seluk beluk mesin motor atau juga beberapa sper part dari motor anda, anda bisa membawa motor anda ke bengkel yang khusus untuk motor atau juga pergi ke deler khusus untuk pabrikan motor anda, namun pastikan anda membawa uang yang cukup atau juga lebih jikalau ada yang harus di ganti beberapa sper part karena sudah lama di biarakan rusak oleh anda kaerna tidak tahu.

Selain dari tips diatas tadi kebiasaan penggunaan bahan bakar pada motor pun mempengaruhi tenaga dan konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan termasuk sepeda motor. Pertamax adalah salah satu bahan bakar yang dianjurkan untuk anda yang ingin mendapatkan performa motor terbaik dan irit tentunya. Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui kelebihan dari Pertamax ini yaitu salah satunya proses pembakaran di dalam mesin yang lebih sempurna yang dimana dengan kata lain hasil dari pembakaran sempurna tersebut dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar. Selain itu untuk anda yang memilih sepeda motor injeksi perawatn akan lebih mudah karena pada bagian lubang intake akan terlihat lebih bersih dibandingkan dengan motor yang mengkonsumsi bahan bakar Premium.

5 Responses to "11 Cara Bagaimana Agar Motor Irit Bensin dan Tetap Bertenaga"

  1. Sangat Membantu gan infonya,,,

    BalasHapus
  2. Infonya bener2 bermanfaat makasih banyak gan.

    BalasHapus
  3. Infonya bener2 bermanfaat makasih banyak gan.

    BalasHapus
  4. Artikelnya bagus dan menarik patut dicoba

    BalasHapus
  5. Artikel yang bagus om sangat bermanfaat bagi para biker di negeri kita.. salam otomotif..
    kunjungi juga https://www.bikerjadoel.com/2018/09/merawat-sepeda-motor-agar-motor-selalu.html

    BalasHapus